Jumat, 23 Mar 2018 09:08 WIB

Bukan Tulisan Cakar Ayam, Ini Nih Tandanya Kamu Cocok Jadi Dokter

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Tanda-tanda kamu pantas jadi dokter. Foto: ilustrasi dokter perempuan/thinkstock Tanda-tanda kamu pantas jadi dokter. Foto: ilustrasi dokter perempuan/thinkstock
Jakarta - Punya tulisan cakar ayam gedenya bakal jadi dokter? Ah enggak juga ya, masih ada beberapa tanda lain yang bisa menandakan kamu cocok jadi seorang dokter.

Dirangkum detikHealth dari beberapa sumber, kalau kamu menemukan beberapa tanda berikut mungkin kamu emang cocok di dunia kedokteran. Apa saja? Simak selengkapnya di sini.



1. Kamu punya rasa ingin tahu yang tinggi

Percaya deh, menjalani hal-hal yang kamu sukai akan membuat kamu jadi lebih bersemangat untuk menjadi yang terbaik. Seperti yang dialami oleh Dr Dewi Ema Anindia yang juga pendiri yayasan Let's Share.

"Awal-awalnya saya ogah-ogahan, setelah saya melihat manfaatnya untuk orang, lalu keindahan ilmunya, saya jadi sangat tertarik, sampai saya ngajar, saya prakteknya, gratis. Sempat penelitian juga, saya jadi mengerti mempelajari kedokteran seperti melihat cara kerjanya Tuhan seperti bagaimana sel itu bergerak," ujarnya beberapa waktu lalu.

2. Kamu suka kegiatan sosial

Kalau kamu suka kegiatan sosial, maka profesi dokter merupakan salah satu pekerjaan yang mungkin cocok untuk kamu. Seperti yang dialami oleh James Marcus (21) dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang menuturkan alasannya menjadi dokter karena profesi ini merupakan sebuah tindakan moral kemanusiaan yang nyata.

"Dunia kedokteran jelas adalah dunia yang kaitannya dengan kemanusiaan tinggi. Kalau orang bilang dokter pekerjaan mulia ya karena tujuan tertingginya adalah berusaha mempertahankan dan meningkatkan kehidupan seseorang melalui pelayanan kesehatan," tutur James kepada detikHealth.

3. Kamu senang membaca

Kamu bukan orang yang mudah bosan dan suka belajar? Selamat, mungkin kamu juga cocok jadi seorang dokter. Putri Soraya (25) dari Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia menuturkan bahwa ia selalu berusaha dengan rajin belajar dan membaca demi meraih cita-citanya sejak kecil. Hal ini pun membuahkan hasil karena ia berhasil menjadi dokter muda.

4. Kamu tidak segan untuk bertanya

Menjadi seorang dokter membuat kamu harus rajin-rajin bertanya dengan orang yang lebih ahli seperti profesor misalnya. Seorang dokter tentu tidak bisa sembarangan memberikan tindakan tanpa adanya pertimbangan yang matang.

Nah, kalau kamu adalah orang yang tidak malu untuk bertanya, suka belajar dan diimbangan dengan banyak membaca buku (karena ilmu pengetahuan selalu berkembang), mungkin profesi yang ini bisa kamu pertimbangkan.

Jadi, apakah ada ciri-ciri yang kamu miliki? Atau kamu punya pendapat lain? Yuk berikan komentar kamu di bawah ini. (ask/up)
News Feed