Selasa, 30 Apr 2019 14:40 WIB

Lagi Viral, Seperti Inikah Cara Dokter Menuliskan 'Parasetamol'?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Tulisan parasetamol yang bikin heboh (Foto: viral Twitter) Tulisan 'parasetamol' yang bikin heboh (Foto: viral Twitter)
Jakarta - Goresan aneh ini tengah viral di media sosial. Mirip tulisan 'cakar ayam' dalam resep dokter, yang oleh banyak orang diyakini terbaca 'Parasetamol'.

Tidak ada keterangan apapun yang menyertainya. Hanya goresan mirip huruf 'P' yang tidak terlalu jelas di bagian awal, lalu ditarik memanjang dan diakhiri dengan sudut dan lengkungan di ujungnya.

Di kalangan medis, tulisan 'cakar ayam' seperti ini lazim dipakai dalam menuliskan resep obat. Persis seperti goresan yang viral ini, seringkali resep obat hanya terbaca huruf paling depan dan selebihnya hanya goresan memanjang ke belakang.



Goresan misterius ini viral di berbagai platform media sosial.Goresan misterius ini viral di berbagai platform media sosial. Foto: viral


Tetapi, goresan seruwet apapun dalam resep obat umumnya tetap bisa diidentifikasi. Antara lain dari keterangan lain yang menyertainya, misalnya dosis dan aturan pakainya. Identitas dokter yang meresepkan terkadang juga menjadi petunjuk untuk membaca nama obat yang dituliskan dengan tulisan 'cakar ayam' tersebut.

Nah, berbagai keterangan semacam itu tidak ada dalam goresan yang viral di berbagai platform media sosial ini. Namun demikian, banyak yang meyakininya sebagai tulisan 'Parasetamol' atau 'Paracetamol' karena ada goresan mirip huruf 'P' di depan dan sepintas mirip 'L' di belakang.

"Tinggal dicariin aja nama obat yg awalnya P ujungnya L," kata pemilik akun @Dony** di Twitter.



Tentu tidak semua setuju. Karena cuma huruf 'P' di depan dan sepintas mirip 'L' di belakang, ada pula yang membacanya 'Pil' atau bahkan 'Pacul'. Apalagi tidak keterangan apapun yang menjelaskan konteksnya.

Bagaimana menurut kamu? Tuliskan di komentar.

(up/fds)