Kamis, 29 Mar 2018 19:01 WIB

Soal Makarel Bercacing, Menkes Imbau Makanan Harus Dimasak Sempurna

Widiya Wiyanti - detikHealth
Foto: Istock
Jakarta - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) baru saja menarik 27 produk ikan makarel yang positif mengandung cacing dengan jenis Anisakis Sp. Beberapa produk tersebut memang dengan merek dagang besar, seperti HOKI, Farmer Jack, atau Botan.

"Ini adalah penghentian sementara dan instruksikan untuk menarik, semua balai ikut mengawasi walaupun tanggungjawab dari produsen atau importir itu sendiri yang melakukan penarikan. Tapi akan kami monitor," kata Penny K Lukito, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Rabu (28/3/2018), di Percetakan Negara, Jakarta Pusat.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Kesehatan RI, Nila F. Moeloek mengatakan betapa pentingnya kebersihan dalam mengolah, menyajikan, dan mengonsumsi makanan setiap harinya.

"Sterilitas itu yang harus dijaga," ujarnya dalam rilis yang diterima detikHealth, Kamis (29/3/2018).


Menkes menjelaskan betapa pentingnya mengonsumsi makanan matang yang telah dimasak sempurna untuk menghindari adanya masalah kesehatan, terutama pada sistem pencernaan.

"Setahu saya itu (ikan kalengan) kan nggak dimakan mentah, kita goreng lagi, ya cacingnya mati. Saya kira kalo udah dimasak kan jadi steril", jelas Menkes Nila.

Maka dari itu, masyarakat diimbau untuk lebih bijak dalam memilih dan menyajikan makanan setiap hari agar kesehatan pun terjaga dengan baik.

(wdw/up)