Sabtu, 14 Apr 2018 08:05 WIB

Jamin Tak Ada Cacing Lagi, Kepala BPOM Santap Makarel Kaleng di Pabrik

Ardian Fanani - detikHealth
Kepala BPOM santap ikan makarel kalengan langsung dari pabriknya. Foto: Ardian Fanani Kepala BPOM santap ikan makarel kalengan langsung dari pabriknya. Foto: Ardian Fanani
Jakarta - Banyuwangi - BPOM RI melakukan kunjungan dan melihat langsung proses pengolahan ikan di CV Pasific Harvest, Kecamatan Muncar, Banyuwangi. Hasilnya, tak ada lagi cacing dalam ikan kalengan yang di produksi.

BPOM RI mengimbau masyarakat tak perlu lagi khawatir dengan isu cacing dalam kaleng ikan makarel. Bahkan untuk meyakinkan masyarakat, Kepala BPOM RI, Penny Kusumastuti Lukito bersama dengan perwakilan Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Kementerian Perindustrian menyatap ikan makarel kalengan bersama-sama.

"Saya mau makarel. Ikan kaleng makarel ini mengandung protein dan kalsium. Baik untuk anak-anak. Sekarang tidak ada masalah lagi, aman bermutu dan bernutrisi," ujar Penny yang kemudian menyantap ikan makarel, Jumat (13/4/2018).


Diakui Penny, temuan cacing dalam kaleng ikan makarel oleh BBPOM Surabaya beberapa waktu lalu, hanya terdapat pada batch tertentu saja. Saat ini pun batch itu sudah ditarik dari peredaran.

"Memang kita sempat meminta adanya penghentian produksi karena temuan itu. BPOM melindungi masyarakat dalam hal ini. Selanjutnya setelah kita cek di lapangan pengolahan ikan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan, kini giliran kita melindungi pelaku usaha. Sudah aman dikonsumsi masyarakat," tambahnya.

Penny menjamin makanan ikan kaleng yang sempat disetop produksinya tersebut sudah layak konsumsi. Tak hanya itu, dirinya juga meminta agar tidak ada lagi sweeping terhadap olahan ikan kaleng tersebut.

"Produsen sudah jika produksi lagi. Penjual juga begitu sudah bisa jualan lagi. Kita mengimbau bahwa sudah tidak ada lagi penindakan kedepan. Ini jadi pembelajaran kedepan, kita cermati kembali bagaimana proses itu berlangsung dan ternyata sudah aman," tambahnya.




(Ardian Fanani/up)