Jumat, 06 Apr 2018 12:15 WIB

BPOM: Di Luar Bets yang Ditarik, Makarel Aman Dikonsumsi

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Temuan cacing mati dalam makarel kalengan sempat bikin resah Temuan cacing mati dalam makarel kalengan sempat bikin resah
Jakarta -
Temuan cacing parasit Anisakis Sp di dalam 27 produk ikan makarel kalengan beberapa waktu lalu sempat bikin resah. Namun Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memastikan ikan makarel kini sudah aman dikonsumsi.

Bersama sejumlah instansi terkait, BPOM menindaklanjuti temuan itu dengan audit komprehensif dengan mekanisme joint inspection ke sarana produksi ikan kaleng.

Audit komprehensif ini dilakukan untuk memeriksa proses yang dilakukan secara menyeluruh serta mengidentifikasi titik kritis yang memungkinkan standar mutu dan keamanan produk akhir tidak terpenuhi.

"Sudah dalam kendali pemerintah, produk yang di luar dari bets kode produksi dari ikan makarel (yang ditarik) itu aman. Masyarakat tidak perlu takut untuk mengonsumsi produk ikan salam kaleng," terang Penny K Lukito, Kepala BPOM RI dalam konferensi pers yang digelar di Gedung BPOM RI, Jakarta Pusat, Jumat (6/4/2018).

Produk makarel apa saja yang ditarik karena mengandung cacing? Cek daftarnya DI SINI.



Sebanyak 27 merek ikan kalengan dengan 16 merek impor dan 11 merek lokal telah ditarik dari peredaran. Penny mengajak masyarakat untuk selalu ingat cek KLIK (Kemasan, Label, Izin edar dan Kadaluwarsa) sebelum membeli atau mengonsumsi produk pangan.

"Pemerintah dan pelaku usaha akan memastikan produk yang tidak memenuhi syarat tidak lagi beredar di masyarakat," tandasnya.

(up/up)
News Feed