Tunda Pemecatan, Sampai Kapan IDI Periksa dr Terawan?

ADVERTISEMENT

Tunda Pemecatan, Sampai Kapan IDI Periksa dr Terawan?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Senin, 09 Apr 2018 17:32 WIB
Sampai kapan IDI tunda pemecatan dr Terawan? Foto: Ari Saputra
Jakarta - Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) menunda pemecatan Dr dr Terawan Agus Putranto, SpRad yang terkenal dengan metode cuci otak. Dikatakan Ketua Umum PB IDI Prof Ilham Oetama Marsis, SpOG bahwa harus dilakukan pemeriksaan terkait pelanggaran yang dilakukan.

"Kalau sampai ke PB IDI kita harus mengumpulkan bukti-bukti pengaduan yang ada," ujar Prof Marsis di Sekretariat PB IDI, Jl Sam Ratulangi, Jakarta, Senin (9/4/2018).

Sampai kapan IDI akan menunda pemecatan dan melakukan pemeriksaan terkait pelanggaran yang dilakukan dr Terawan?

"Rekomendasi dari MKEK akan dievaluasi, nah sekarang ditunda. Ditunda sampai kapan? Kita lagi berproses," jawab Ketua Dewan Pertimbangan IDI Prof Dr Errol U Hutagalung, SpB, SpOT(K).


PB IDI akan memeriksa dan menganalisis pelanggaran etik yang dilakukan dr Terawan, yaitu berkaitan dengan pasal 4 dan 6 Etik Kedokteran Indonesia (KODEKI).

"Kalau bidang etik yang kita harus nilai apakah yang dilakukan tidak bersifat untuk mengiklankan dirinya sendiri, itu terkait dengan pasal 6. Yang kemudian tidak boleh membanggakan apa yang dilakukan lalu tidak sesuai dengan etika, itu melanggar pasal 4," jelas Prof Marsis.

Sedangkan pelanggaran terkait metode yang dilakukan pada terapi cuci otak, IDI menyerahkan sepenuhnya pada Tim Health Technology Assessment (HTA) Kementerian Kesehatan.



(wdw/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT