Rabu, 09 Mei 2018 09:42 WIB

Transformasi Bocah Tergemuk

Mimpi Aria Bocah Tergemuk Jadi Pemain Bola dan Turunkan Bobot ke 80 Kg

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Aria selalu bersikap positif dan optimistis dalam menjalani hidup (Foto: Frieda/detikHealth)
Jakarta - Meski baru berusia 12 tahun, Aria Permana yang sempat dijuluki oleh media asing sebagai World's Fattest Boy, menyikapi situasi dan kondisinya dengan sangat positif. Ia juga mempunyai tekad sendiri untuk target turun berat badannya di tahun ini.

"Masih pengen kurusin lagi. Akhir tahun ini pengen sampe 80-an kilogram," ungkap Aria kepada detikHealth di rumahnya di Tegalwaru, Kabupaten Karawang, baru-baru ini.

Penyuka pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial ini punya tekad tersendiri demi menguruskan badan. Yaitu ia ingin terus bermain bersama teman-temannya, bisa bepergian dengan bebas, dan tentu mewujudkan cita-citanya sebagai pesepak bola.



Bocah yang namanya kerap salah tulis jadi 'Arya' atau 'Ariya' ini mengaku ingin sekali menjadi pemain bola dan bergabung dengan tim nasional (timnas) Indonesia. Impian itu muncul sejak ia pertama kali melihat permainan timnas sepak bola lewat YouTube.

"Pengen ngebela timnas. Mau gabung timnas, sama Liverpool juga," sambung Aria, diikuti oleh tawa kecil.

Dibanding saat masih super gemuk, Aria saat ini sudah jauh lebih aktif bergerak.Dibanding saat masih super gemuk, Aria saat ini sudah jauh lebih aktif bergerak. Foto: Frieda/detikHealth


Diakui olehnya, meski badannya yang besar dan terhitung 'bongsor', ia tak pernah merasa bersedih atau berkecil hati. Bahkan, teman-temannya tidak ada yang mengucilkan sang juara kelas ini walau sempat berhenti sekolah akibat kesulitan berjalan.

Berat badan Aria turun drastis dalam setahun terakhir; dari 192 kilogram menjadi 109 kilogram. Ia menjalani operasi bariatrik atau penyempitan lambung di mana lambungnya dipotong dan disisakan hanya 30 persen, diimbangi dengan pola makan sehat dan olahraga yang teratur.

[Gambas:Video 20detik]



(up/up)