Kamis, 10 Mei 2018 14:00 WIB

Harapan Orang Tua Bocah Tergemuk Sedunia: Ingin Aria Seperti Anak-anak Lainnya

Frieda Isyana - detikHealth
Orang tua berharap Aria bisa seperti anak-anak lainnya/Foto: Frieda/detikHealth
Jakarta - Orang tua tentu memiliki harapan bagi anak-anaknya. Demikian juga orang tua Aria Permana, yang beberapa tahun lalu disebut bocah tergemuk di dunia. Mereka tak punya harapan yang muluk-muluk, hanya ingin anak keduanya tersebut kembali 'normal' seperti anak-anak lainnya.

"Orang tua mana yang tidak menginginkan anaknya sukses dan bahagia. Saya ingin Aria seperti anak anak lainnya, bisa mencapai pendidikan yang setinggi-tingginya. Karena jaman sekarang tanpa pendidikan itu sangat-sangat ketinggalan," ungkap Ade Soemantri, ayahanda Aria, saat ditemui detikHealth di kediamannya di Kabupaten Karawang, baru-baru ini.

Ade menegaskan, apapun yang terjadi ia akan terus mengusahakan agar anak keduanya tersebut mencapai apa yang ia inginkan. Ditambahkan oleh Rohayah, istrinya, ia ingin melihat Aria sukses menggapai cita-citanya sebagai pemain bola.


Harapan Orang Tua Bocah Tergemuk Sedunia: Ingin Aria Seperti Anak-anak LainnyaAria tengah bermain bola bersama teman-temannya/Foto: Frieda/detikHealth


Setelah setahun menjalani operasi bariatrik atau pemangkasan lambung hingga tersisa hanya sepertiga volume asli, Aria berhasil menurunkan bobotnya sekitar 83 kilogram. Ade mengaku sangat bangga karena semua proses ini tidak akan terjadi tanpa ketulusan keinginan Aria sendiri.

"Kita sebagai orang tua hanya mendampingi, karena apapun usaha orang tua, seketat apapun usaha orang tua kalau Arianya sendiri nggak ada kemauan, saya yakin itu tidak ada hasilnya, akan sia-sia, harus dari diri Aria sendiri," tandas pria berusia 42 tahun ini.

Aria, atau yang sebelumnya kerap ditulis Ariya atau Arya, menjalani operasi bariatrik atau penyempitan lambung pada Juli 2017 lalu di Rumah Sakit OMNI Alam Sutera. Selain operasi, ia juga menjalani gaya hidup sehat lewat makanan dan olahraga, dan salah satu motivator terbesarnya adalah binaragawan Ade Rai.



[Gambas:Video 20detik]

(up/up)