Kamis, 10 Mei 2018 18:11 WIB

Masih Sisakan Lengan Bergelambir, Perjuangan Bocah Tergemuk Belum Usai

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Bobot yang turuh hingga 83 kg menyisakan kulit bergelambir di lengan Aria bocah tergemuk di dunia (Foto: Frieda/detikHealth)
Jakarta - Masalah utama orang-orang yang sebelumnya obesitas atau kegemukan berlebih lalu mengalami penurunan berat badan drastis adalah sisa kulit yang akan menggelambir dan mengganggu pandangan. Ini juga yang dialami Aria Permana (12), bocah tergemuk di dunia asal Karawang.

Aria juga mengalami hal tersebut setelah berat badannya turun signifikan dari 192 kilogram menjadi 109 kilogram. Kulit bergelambir tampak nyata di kedua lengannya.

Saat ini, Aria menargetkan bobotnya turun menjadi 80 kilogram di akhir tahun ini. Ini merupakan syarat untuk menjalani operasi kedua yaitu pengangkatan kulit sisa.

"Iya, nanti sudah akan operasi lagi buat angkat kulitnya. Soalnya itu kulitnya udah banyak gitu kan (sisanya)," tutur Rohayah (36), ibunda Aria, di kediamannya di Kabupaten Karawang, baru-baru ini.



Kulit sisa tersebut merupakan kulit yang mengalami peregangan akibat lemak yang sebelumnya menumpuk di tubuh Aria. Kini lemak tersebut sudah berkurang, namun kulit yang sudah tertarik tidak dapat kembali seperti semula akhirnya menggantung dan menggelambir.

Aria menjalani operasi bariatrik atau penyempitan lambung di Rumah Sakit OMNI Alam Sutera, Tangerang, tahun lalu. Operasi ini memotong sebagian lambungnya, menyisakan hanya sekitar 30 persen.

Operasi bariatrik memiliki efek besar pada nafsu makannya, mulai dari tidak terkontrol hingga kini dengan hanya lima sendok nasi ia sudah merasa kenyang.



[Gambas:Video 20detik]



(up/up)