Jumat, 11 Mei 2018 16:37 WIB

Transformasi Bocah Tergemuk

Macam-macam Operasi Bariatrik Lambung, Salah Satunya Dijalani Aria Permana

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Halaman 1 dari 4
Foto: Frieda/detikHealth
Jakarta - Bariatric surgery atau bedah bariatrik bukanlah sebuah metode lama, ia sudah ada sejak tahun 50an. Di Indonesia, operasi ini sudah ada sejak sepuluh tahun lalu, meski tidak sepopuler di luar negeri seperti Amerika Serikat dan Australia yang punya tingkat obesitas tinggi.

Prinsip operasi bariatrik adalah untuk memangkas kapasitas lambung pada pasien obesitas, sehingga akan berpengaruh pada nafsu dan porsi makan. Pasien obesitas dapat menurunkan badan secara drastis lewat operasi ini.

Hanya sekitar 5 dokter spesialis bedah Indonesia yang menekuni bedah bariatrik ini, salah satunya dr Handy Wing dari OMNI Hospitals Alam Sutera. Ia juga menyebutkan kemungkinan baru ada 300-an kasus bariatrik di Indonesia sampai saat ini.

Aria Permana (12), bocah obesitas asal Karawang yang sempat viral beberapa tahun yang lalu karena bobotnya yang mencapai 192 kilogram menjadi pasien termuda yang pernah ditangani oleh dr Handy.

dr Handy menyebutkan dalam operasi bariatrik terdapat banyak metode, namun hanya tiga metode yang lebih populer dan salah satunya ia lakukan pada Aria tahun lalu. Berikut tiga metode operasi bariatrik yang populer:

(Frieda Isyana Putri/up)