Senin, 04 Jun 2018 12:40 WIB

Ketika Komedian Bisu Berhasil Menangi Britain's Got Talent 2018

Firdaus Anwar - detikHealth
Bagaimana caranya membuat orang-orang tertawa tanpa suara? Lee bisa melakukannya. (Foto: BBC) Bagaimana caranya membuat orang-orang tertawa tanpa suara? Lee bisa melakukannya. (Foto: BBC)
Jakarta - Tidak ada alasan untuk berhenti mengejar mimpi, setidaknya hal itulah yang bisa ditangkap ketika menyaksikan Lee Ridley (37) memenangi kompetisi pencarian bakat bergengsi Britain's Got Talent 2018.

Lee berhasil menjadi pemenang Britain's Got Talent dengan menunjukkan bakatnya sebagai komedian. Hanya saja yang membedakan Lee dengan peserta lain adalah ia melawak tanpa menggunakan suara aslinya.



Diketahui Lee merupakan seorang tunawicara akibat kondisi cerebral palsy yang diidap sejak lahir. Cerebral palsy sendiri adalah merupakan gangguan fungsi otak yang memengaruhi otot dan keterampilan motorik.

Untuk berinteraksi dengan penonton Lee mengandalkan program suara buatan yang membaca ketikan kata-kata di smartphonenya.

"Halo para penonton, seperti yang bisa Anda lihat saya adalah seorang stand up komedian yang kesulitan untuk berdiri... Ketika saya menyadari bahwa saya tidak bisa bicara lagi, saya kehabisan kata-kata," kelakar Lee saat tampil di panggung.

Banyak orang tertawa karena Lee berani untuk memberikan contoh pengalaman hidupnya sehari-hari sebagai bahan candaan. Hal tersebut bagi Lee tidak masalah asal bisa membantu orang lain tertawa.

"Ketika saya tampil, rasanya saya bisa menemukan kembali suara saya yang hilang. Rasanya menyenangkan bisa membuat orang lain tertawa," ungkap Lee.

(fds/up)