Selasa, 19 Jun 2018 10:05 WIB

Banyak yang Sudah Nikah Saat Silaturahmi, Begini Caranya Biar Nggak Baper

Suherni Sulaeman - detikHealth
Bagi kita yang masih sendiri dan belum menikah saat momen silaturahmi lebaran, jangan baper. Ini tips dari psikolog. Foto: Thinkstock Bagi kita yang masih sendiri dan belum menikah saat momen silaturahmi lebaran, jangan baper. Ini tips dari psikolog. Foto: Thinkstock
Jakarta - Di sisa-sisa hari libur Lebaran, masih banyak orang yang memanfaatkan waktunya untuk bersilaturahmi. Biasanya di hari terakhir libur Lebaran digunakan untuk berkumpul bersama sahabat ataupun kawan yang sudah cukup lama tidak berjumpa.

Nah, dari momen kumpul-kumpul tersebut, tentu di antaranya sudah ada yang berpasangan, sudah punya istri atau suami, atau bahkan sudah memiliki momongan. Sayangnya, bagi kita yang masih menyendiri hanya gigit jari. Lantas bagaimana supaya kita tidak gampang baper alias kebawa perasaan?

Psikolog dari Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue, Christina Tedja, MPsi menegaskan bahwa istilah baper dalam diri seseorang sebenarnya lebih kepada paradigma seseorang dalam melihat sebuah kejadian. Jadi pada sebuah kejadian yang sama apabila dilihat oleh dua orang yang berbeda, perasaannya bisa berbeda.

"Oleh karena itu, untuk meningkatkan atau menurunkan kadar baper kita, baiknya kita bisa fleksibel dalam mengubah cara pandang kita terhadap sebuah kejadian," ujar Tina saat dihubungi detikHealth.



Dalam hal ini misalnya, lanjut Tina, melihat kerabat sepantaran yang sudah berkeluarga. Tidak jauh berbeda dengan tips mengahadapi nyinyiran orang terhadap status pernikahan kita, yaitu menerima kenyataan bahwa kita memang belum menikah, bukan artinya tidak akan menikah, dan bisa saja lebih nyaman untuk stay single dahulu.

"Menganut paham bahwa pernikahan bukan dinilai dari usia, melainkan dari kesiapan diri dan pasangan sehingga tidak perlu diburu-buru," pungkasnya.

Kemudian melihat sisi positif dari belum menikah seperti masih bisa menghabiskan waktu sendiri, belum mengemban tugas rumah tangga, dan lainnya.

"Tidak perlu tersinggung dengan hasil pembicaraan orang lain, sebab mereka hanya berbicara sesaat, dan Anda yang akan menjalaninya seumur hidup," tandas Tina.





Tonton juga 'Jawaban Keren Pertanyaan yang Bikin Baper Pas Lebaran':

[Gambas:Video 20detik]

(hrn/up)
News Feed