Rabu, 20 Jun 2018 15:06 WIB

Terjebak Macet Arus Balik, Trombosis Vena Dalam Mengintai

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Terjebak macet selama berjam-jam di mobil bisa menyebabkan bahaya tak terlihat bagi pembuluh darah vena di kaki. Foto: Lamhot Aritonang Terjebak macet selama berjam-jam di mobil bisa menyebabkan bahaya tak terlihat bagi pembuluh darah vena di kaki. Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Terjebak macet selama berjam-jam di mobil saat arus balik bisa menyebabkan bahaya. Salah satunya adalah risiko mengalami trombosis vena dalam atau deep vein trombosis.

Situs Mayo Clinic menyebut trombosis vena dalam mengintai orang-orang yang melakukan perjalanan jauh lewat pesawat atau mobil, dan duduk lebih dari 4 jam. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya penggumpalan darah di pembuluh vena kaki.



"Gejala awalnya adalah kesemutan pada kaki saat menempuh perjalanan jauh, karena adanya perlambatan aliran darah, yang kemudian memicu pembekuan darah," kata dr Cosphiadi Irawan, SpPD-KHOM, FINASIM dari RSCM, beberapa waktu lalu.

Ketika terjadi penggumpalan darah, gejala yang muncul antara lain rasa nyeri di kaki, kaki bengkak, yang disertai perubahan warna kulit kaki menjadi kemerahan. Kulit juga akan terasa lebih hangat karena tersumbatnya pembuluh darah.

Penggunaan pakaian ketat dan jarang beraktivitas fisik juga menjadi faktor risiko terjadinya trombosis.

Untuk mencegahnya, gunakan pakaian yang longgar saat dalam perjalanan. Usahakan lakukan peregangan minimal setiap 2 jam agar pembuluh darah tak tersumbat.

"Sama saja seperti orang yang terjebak kemacetan. Kalau sudah lebih dari dua jam, saya sering sarankan lakukan peregangan. Kalau memungkinkan, menepi dulu, keluar dan lakukan peregangan. Tidak hanya penumpangnya saja, supirnya juga perlu melakukan peregangan," ungkapnya.

(mrs/mrs)
News Feed