Rabu, 27 Jun 2018 14:03 WIB

Jangan Sampai Seperti Maradona Masuk RS, Kenali Tanda-tanda Darah Rendah

Widiya Wiyanti - detikHealth
Diego Maradona dilarikan ke rumah sakit karena mengalami tekanan darah rendah. Foto: 20Detik
Jakarta - Seperti yang diberitakan, usai pertandingan Argentina vs Nigeria, Selasa (26/6/2018), Diego Maradona dilarikan ke rumah sakit karena mengalami tekanan darah rendah.

Tekanan darah rendah kerap tidak disadari karena tanda-tandanya biasa dialami oleh hampir semua orang. Darah rendah terjadi saat tekanan darah sistolik di bawah 90 mmHg atau diastolik di bawah 60 mmHg.

Agar tak kejadi seperti Maradona yang tiba-tiba lemas dan harus dilarikan ke rumah sakit, maka kita harus tahu tanda-tanda darah rendah terlebih dahulu.

Tonton juga 'Kelewat Senang, Maradona Langsung Tumbang':

[Gambas:Video 20detik]


Dikutip detikHealth dari berbagai sumber, berikut tanda-tandanya:

1. Pusing

Jangan sepelekan rasa pusing. Pusing bisa menandakan adanya penurunan tekanan darah yang tiba-tiba karena aliran oksigen tidak cukup ke otak. Ketika suplai oksigen terputus, otak tidak dapat berfungsi dengan baik.

2. Penglihatan kabur

Merasa penglihatan kabur setelah berdiri lama atau beraktivitas berat? Atau merasa penglihatan buram setelah berdiri dari duduk atau tidur? Jika ya, itu bisa jadi tanda-tanda dari tekanan darah rendah. Hal ini di kalangan orang tua cukup mengkhawatirkan karena bisa terjadi traumatis.

3. Lemah

Tubuh yang lemah menunjukkan bahwa organ dalam tidak menerima oksigen dengan cukup, dan itu merupakan tanda tekanan darah rendah. Kondisi ini juga cenderung membuat seseorang shock. Shock dapat menyebabkan kerusakan permanen karena kurangnya pasokan oksigen ke organ vital.

4. Mual

Mual merupakan gejala tekanan darah rendah dan kurangnya suplai darah ke organ vital. Mual yang disebabkan tekanan darah rendah ortostatik (penurunan tekanan darah yang terjadi tiba-tiba dari posisi tidur atau duduk ke berdiri), bisa menjadi tekanan darah rendah jangka panjang.

5. Kelelahan

Sering merasa lelah padahal tidak melakukan aktivitas berat? Kamu harus waspada, karena bisa berpotensi menjadi tekanan darah rendah jangka panjang yang mungkin bisa menjadi masalah serius bila terjadi terus-menerus.

Jangan Sampai Seperti Maradona Masuk RS, Kenali Tanda-tanda Darah Rendah
(wdw/up)