Kamis, 19 Jul 2018 12:04 WIB

Dokter Saraf: Alat 'U Stroke' di Ruang Rawat SBY adalah Syringe Pump

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ada alat bertuliskan U STROKE di ruang perawatan SBY, yang ternyata adalah syringe pump. (Foto: Instagam Ani Yudhoyono) Ada alat bertuliskan U STROKE di ruang perawatan SBY, yang ternyata adalah syringe pump. (Foto: Instagam Ani Yudhoyono)
Topik Hangat Lelah Kemudian Sakit
Jakarta - Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sejak Selasa (17/7/2018) dirawat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat karena kelelahan. Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sempat menjenguknya.

Yang menjadi sorotan adalah dalam foto momen Prabowo menjenguk SBY, terdapat alat bertuliskan 'U STROKE' di ruang perawatan SBY. Apakah alat itu berkaitan dengan penyakit stroke?


Saksikan juga video 'Guys! Ingat Jangan Abaikan Gejala Stroke Ini':

[Gambas:Video 20detik]



detikHealth menunjukkan foto tersebut ke dokter saraf, dr Adin Nulkhasanah, SpS, MARS, yang berpengalaman menangani stroke. Menurut Ketua Yayasan Indonesia Stroke Society tersebut, alat yang terpampang di foto Prabowo menjenguk SBY bukan alat khusus untuk penyakit stroke.

"Alat ini namanya syringe pump. Biasa untuk memasukkan obat atau cairan yang bisa diatur dosisnya," jelasnya kepada detikHealth, Kamis (19/7/2018).

dr Adin mengatakan bahwa semua pasien yang membutuhkan pengaturan dosis obat atau cairan biasa menggunakan alat syringe pump tersebut. Cairan obat yang dimasukkan ke dalam tubuh melalui pembuluh darah vena.

"Di RS (Rumah Sakit) biasa meminjam alat dari unit lain selama digunakan di RS," tegasnya.

Dokter Saraf: Alat 'U Stroke' di Ruang Rawat SBY adalah Syringe PumpFoto: Fuad Hasim
(wdw/up)
Topik Hangat Lelah Kemudian Sakit
News Feed