Selasa, 31 Jul 2018 15:35 WIB

Prihatin, Petinju Valentinus Nahak Mengidap Kanker Kelenjar Getah Bening

Suherni Sulaeman - detikHealth
Atlet tinju amatir Bali, Valentinus Nahak terpaksa tidak bisa mengikuti Pelatnas untuk persiapan Asian Games 2018 lantaran harus berjuang melawan penyakit kanker kelenjar getah bening/Foto: Twitter/KEMENPORA_RI Atlet tinju amatir Bali, Valentinus Nahak terpaksa tidak bisa mengikuti Pelatnas untuk persiapan Asian Games 2018 lantaran harus berjuang melawan penyakit kanker kelenjar getah bening/Foto: Twitter/KEMENPORA_RI
Jakarta - Di saat para atlet tengah fokus mengikuti Pelatnas untuk persiapan Asian Games 2018, salah satu atlet tinju amatir Bali, Valentinus Nahak terpaksa tidak bisa melanjutkan latihannya lantaran harus berjuang melawan penyakit kanker kelenjar getah bening.

Mengutip dari situs kemenpora.go.id, pada pertengahan Mei 2018, Valentinus Nahak kembali ke Bali untuk menjalani pengobatan penyakit kelenjar getah bening. Valentinus pun sempat dinyatakan sehat namun ternyata kondisinya justru kian memburuk.

Melihat kondisinya yang memilukan tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi mengutus Asisten Deputi Pembibitan dan Iptek Olahraga Kemenpora, Washinton, untuk menjenguk Valentinus pada Senin kemarin (30/7/2018).

Prihatin, Petinju Valentinus Nahak Mengidap Kanker Kelenjar Getah BeningSaat masih berlaga di arena tinju dan sebelum dinyatakan mengidap kanker kelenjar getah bening. Tubuh Valentinus begitu kuat, kekar dan gerakannya pun sangat lincah/Foto: Instagram/vallentine_02




Saat ini, petinju yang pernah membela Bali dan sukses mendapatkan medali perak di PON 2016 Jawa Barat ini dirawat di RSUP Sanglah, Denpasar, sejak beberapa hari yang lalu.

Menurut Julio Bria yang merupakan kakak kandung dari Valentinus Nahak menuturkan bahwa kalau tubuh sang adik kini hanya tinggal tulang dan kulit saja karena digerogoti kanker yang diderita. Kondisi fisik Valentinus tampak lemah dan semakin kurus. Sangat jauh berbeda ketika ia masih lincah di ring tinju.

"Tubuhnya sudah nggak ada isinya sama sekali, tinggal tulang sama kulit, sedangkan kulitnya itu kalau kita gesek begini terus lama-lama luka, kita bangunin dia saja susah," ucap sang kakak.






Tonton juga 'Tino Saroengallo 2 Tahun Lawan Kanker Kandung Kemih':

[Gambas:Video 20detik]

(hrn/fds)