Jumat, 03 Agu 2018 08:38 WIB

Sedang Tes Fisik, Tiba-Tiba Polisi Ini Meninggal Karena Gagal Organ

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Foto: REUTERS/Benoit Tessier
Jakarta - Maut datang tak diduga. Seperti kasus kematian seorang polisi di Cleveland, Amerika Serikat (AS), yang mendadak kolaps setelah menjalani tes kebugaran. Ditemukan ada penyakit langka yang diidapnya membuat racun terlepas ke dalam aliran darah.

Polisi tersebut bernama Vu Nguyen (50), saat mencapai klinik setelah kolaps ia mengalami kegagalan organ multi sistem akibat penyakit yang disebut dengan rhabdomyolysis, demikian dilaporkan Fox 8.

Rhabdomyolisis amat sangat langka namun memiliki konsekuensi yang mengerikan bagi pengidapnya. Menurut Perpustakaan Kedokteran Nasional AS, penyakit ini dapat menyebabkan kelumpuhan permanen dan kerusakan ginjal serius.


Gejala yang timbul bisa mulai dari nyeri otot atau air kencing berwarna gelap. "Dalam kasus Nguyen, hal ini juga dipicu oleh kelelahan fisik dan pengonsumsian suplemen baru-baru ini," imbuh laporan Fox 8.

Nguyen kolaps setelah menyelesaikan lari sepanjang 2,4 kilometer sebagai syarat untuk posisi pengendali anjing. Ia langsung dibawa ke rumah sakit terdekat, sempat sadar sebelum dipindahkan ke klinik untuk transplantasi hati, di mana juga terjadi pendarahan otak sebelum ia akhirnya meninggal.

Nguyen dikenal sebagai polisi yang sangat gagah dan sangat lincah, dan telah berkiprah selama 25 tahun. Seorang sepupunya mengatakan gaya hidupnya sangat sehat, tidak minum-minuman beralkohol ataupun merokok.

(frp/fds)