ADVERTISEMENT

Senin, 06 Agu 2018 12:30 WIB

Ngeri, Selama 20 Tahun Pria Ini Menimbun 14 Kg Feses di Ususnya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Usus sepanjang 76 cm berhasil diangkat, isinya 14 kg feses! Foto: Inverse.com
Jakarta - Pria asal Tiongkok berusia 22 tahun mengeluh merasakan konstipasi seumur hidupnya, bahkan meminum obat pencahar tak membantu sama sekali. Setelah memeriksakan diri ke dokter, rupa-rupanya di dalam ususnya tertimbun sekitar 14 kg feses.

Dr Yin Lu dari Tenth People's Hospital Shanghai yang menanganinya mengatakan bahwa perut pria tak bernama tersebut seperti wanita yang sedang hamil 9 bulan. "Seakan bisa meledak kapan saja," ungkapnya, dikutip dari Daily Star UK.

Ia memutuskan untuk mengoperasi pria itu. Setelah tiga jam operasi, ia berhasil mengangkat 76 cm usus besarnya yang membengkak luar biasa berisi feses yang telah terakumulasi sepanjang hidupnya, sekitar selama dua dekade.

Kondisi yang dialami pria ini disebabkan oleh penyakit yang bernama Hirschsprung, di mana gejalanya terlihat dari pencernaan yang tidak lancar. Kondisi ini terjadi saat bagian dari pencernaan seseorang kehilangan beberapa sel saraf.



Sel saraf ini bertanggung jawab untuk gerakan peristaltik di mana usus mendorong makanan lewat kontraksi otot. Pada pengidap penyakit Hirschsprung's, gerakan peristaltik terhenti di bagian usus di mana sel-sel saraf tersebut hilang.

Karena terhenti, maka feses akan menumpuk di sana dan menyebabkan konstipasi. Bisa juga menjadi penyakit megacolon dan infeksi usus enterocolitis. Menurut situs Mayo Clinic, penyakit ini biasa disadari gejalanya saat masih bayi, misal saat bayi tak buang air selama 48 jam setelah kelahiran.

Akan tetapi dalam kasus pria ini, orang tuanya tidak berpikir bahwa kondisi tersebut serius sehingga ia tak mendapatkan penanganan medis yang dibutuhkan. Obat pencahar juga tidak akan membantu jika usus tidak bisa bekerja dengan benar, yakni melakukan gerakan peristaltik.

"Saat ia memeriksakan diri ke rumah sakit, ia sangat lemas. Sama sekali tidak berbicara. Perutnya sangat membengkak sampai kulitnya meregang dan berkilat, dan pembuluh darah di bawah kulitnya (subkutan) alami peradangan serius," tutup Dr Lu.






Tonton juga 'Ini Dampak Konstipasi BAB pada Anak':

[Gambas:Video 20detik]


Ngeri, Selama 20 Tahun Pria Ini Menimbun 14 Kg Feses di Ususnya
(frp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Breaking News
×
Update Tragedi Kanjuruhan
Update Tragedi Kanjuruhan Selengkapnya