Senin, 27 Agu 2018 11:10 WIB

BJ Habibie Dirawat di RSPAD, Apa Saja Tanda Sindrom Kelelahan Kronis?

Widiya Wiyanti - detikHealth
BJ Habibie dirawat di rumah sakit kerena kelelahan. Foto: Pradita Utama BJ Habibie dirawat di rumah sakit kerena kelelahan. Foto: Pradita Utama
Jakarta - Presiden ke-3 RI BJ Habibie terpaksa harus dirawat di RSPAD Gatot Subroto sejak Jumat (24/8) karena kelelahan akibat padatnya aktivitas akhir-akhir ini.

"Jadi memang terlalu kecapekan karena aktivitasnya nggak ada hentinya. Beliau tadi cerita tadi dari Pekanbaru ke Padang, Padang ke Serpong, terus nggak ada jedanya. Jadi beliau kecapekan. Tapi alhamdulillah beliau sudah baik," ujar Jokowi setelah menjenguk Habibie di Paviliun Kartika, RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, dikutip dari detikNews Senin (27/8/2018).



Tetapi mungkinkah kelelahan biasa bisa menjadi sindrom kelelahan kronis atau chronic fatigue syndrome (CFS)? Sindrom kelelahan kronis adalah gangguan yang ditandai dengan kelelahan ekstrem. Dengan aktivitas fisik atau mental, kelelahan tidak membaik meskipun sudah beristirahat.

Dikutip dari Mayo Clinic, penyebab kelelahan seperti ini belum diketahui dengan jelas, namun banyak ahli percaya bahwa kelelahan ini dipicu faktor kombinasi, seperti adanya infeksi virus hingga stres psikologi.

Sekitar 25 persen pengidapnya hanya terbaring di tempat tidur disertai rasa sakit, nyeri, dan pusing. Para ahli berpendapat bahwa kondisi ini mungkin disebabkan oleh peradangan.

Sindrom kelelahan kronis ditandai dengan beberapa gejala, seperti kelelahan terus-menerus, hilangnya konsentrasi, sakit tenggorokan, pembesaran kelenjar getah bening di leher dan atau ketiak, nyeri otot dan sendi, sakit kepal, serta tidur tidak nyenyak.

Untuk mendiagnosis sindrom kelelahan kronis ini harus melalui serangkaian tes pemeriksaan. Dan perawatannya pun harus mendalam yang berfokus pada meredakan gejalanya.



Saksikan juga video 'Kesehatan BJ Habibie Menurun, Netizen Ramai-ramai Mendoakan':

[Gambas:Video 20detik]

BJ Habibie Dirawat di RSPAD, Apa Saja Tanda Sindrom Kelelahan Kronis?
(wdw/up)