Senin, 24 Sep 2018 10:00 WIB

Vampire Facial ala Kim Kardashian Bisa Tularkan Hepatitis dan HIV

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi facial (Foto: thinkstock) Ilustrasi facial (Foto: thinkstock)
Jakarta - Departemen Kesehatan New Mexico menyampaikan peringatan kepada masyarakat yang telah melakukan treatment vampire facial di salah satu Spa VIP Albuquerque untuk menjalani tes HIV (Human Imunodeficiency Virus), hepatitis B dan hepatitis C khususnya yang mendapatkan perawatan pada bulan Mei atau Juni. Menurut pernyataannya, facial vampire yang dilakukan mungkin telah menularkan HIV, hepatitis B dan C pada pasiennya.

Platelet Rich Plasma (PRP) Facial atau yang lebih populer dengan sebutan Vampire Facial pertama kali di populerkan oleh seleb Kim Kardashian. Dikutip dari Allure, treatment vampire facial dilakukan dengan cara mengambil darah pasien yang bertujuan untuk memisahkan trombosit.

Setelah itu, darah kemudian disuntikkan kembali pada wajah melalui microneedling untuk menstimulasi kolagen. Treatment ini dianggap mampumeningkatkan kesehatan kulit wajah dan mengurangi keriput akibat paparan sinar UV.

"Sebenarnya treatment ini sangat aman, jika dilakukan dengan tepat. Namun, risiko dari adanya kontaminasi sangat tinggi dan menyeramkan ketika tidak dilakukan sterilisasi yang tepat," jelas spesialis dermatologi, dr Doris Day.



Petugas kesehatan melakukan pemeriksaan fasilitas pada spa tersebut setelah salah satu pasiennya terjangkit infeksi darah yang mungkin berasal dari prosedur yang dilakukan. Selama pemeriksaan, ditemukan adanya praktik tidak aman yang membahayan kliennya.

Menurut dr Michael Landen, spesialis epidemiologis dari Departemen Kesehatan New Mexico, penyebaran infeksi dan virus ini adalah melalui jarum suntik yang dipakai untuk treatment. "Ini bisa terjadi dari penyimpanan jarum yang tidak tepat, cara memakai, dan pembuangan," ujarnya dikutip dari Live Science.

Penyakit hepatitis B, hepatitis C dan HIV dapat menyebar melalui kontak dengan cairan tubuh khususnya darah. Hal utama yang harus diperhatikan ketika melakukan treatment ini adalah memperhatikan sertifikat keahlian dari dermatologis yang telah di terlatih dalam microneedling dan tidak asal memilih salon.




Saksikan juga video 'Virus HIV Bisa Dihambat Sama Obat ARV':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
News Feed