Selasa, 25 Sep 2018 10:30 WIB

Minum Pelangsing Jadi Sesak Napas? Waspadai Hipertensi Paru

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Mau langsing sebaiknya jangan lewat jalan instan. Obat pelangsing juga memiliki efek samping (Foto: Thinkstock) Mau langsing sebaiknya jangan lewat jalan instan. Obat pelangsing juga memiliki efek samping (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Untuk mendapatkan 'body goals' secara instan, banyak nih perempuan khususnya remaja yang mengonsumsi obat pelangsing. Niatnya sih, pengen tampil kece badai tapi kok malah terasa sesak ya?

Wah, kamu harus hati-hati kalau sudah mengalami gejala seperti susah napas dan sesak saat konsumsi obat pelangsing. Bisa jadi, kamu terindikasi penyakit langka.

Menurut ahli hipertensi paru dr. Lucia Kris Dinarti SpPD SpJP dari RS Sardjito Yogyakarta, kecanduan mengonsumsi obat pelangsing dapat memicu terjadinya penyakit hipertensi paru.

"Obat pelangsing itu mengandung zat serotonin, yang bisa membuat pembuluh paru menyempit sehingga aliran darah ke jantung menjadi terganggu," ujarnya pada Dialog Penyakit Hipertensi Paru di Raffles Hotel, Jakarta Selatan Senin (24/9/2018).



Zat serotonin umumnya diketahui sebagai hormon yang mengelola perasaan positif dan bahagia. Sayangnya, kandungan ini juga bisa berdampak buruk pada kesehatan.

"Memang serotonin bisa bikin mood lebih bagus, tapi kita juga harus lihat konsekuensi yang ditimbulkan jika konsumsi secara massive," tambahnya.

Mending mikir-mikir lagi deh kalau mau minum obat pelangsing. Soalnya, efek sampingnya nyeremin. Baiknya olahraga teratur dan menjaga pola makan jika ingin terlihat langsing.




Saksikan juga video 'Alat Ini Bantu Paru-paru Tetap Hidup Walau di Luar Tubuh':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
News Feed