Sabtu, 13 Okt 2018 14:47 WIB

Serba Pink di Central Park, Zumba Bareng Sambil Kampanye Kanker Payudara

Annissa Widya Davita - detikHealth
Dance sehat SADARI komunitas Lovepink. Foto: Annissa Widya Davita Dance sehat SADARI komunitas Lovepink. Foto: Annissa Widya Davita
Topik Hangat Bulan Kanker Payudara
Jakarta - Banyak cara bisa dilakukan untuk menyadarkan pentingnya deteksi dini kanker payudara. Salah satunya lewat zumba yang dikemas dengan nuansa serba pink, warna khas kampanye kanker payudara.

Komunitas LovePink menggelar acara zumba bernuansa serba pink tersebut di Mal Central Park, Jakarta Barat, Minggu (13/10/2018). Sambil jejingkrakan dan berkeringat bersama, para peserta juga mendapatkan edukasi tentang SADARI atau periksa payudara sendiri, yakni metode praktis untuk mendeteksi kanker payudara.

"Kurangnya gerak, asupan makanan nggak bagus, makanya penting banget olahraga contohnya seperti zumba. Nah ini baik untuk ngimbangin lifestyle kita yang nggak sehat," ujar Tuty, anggota komunitas Lovepink, kepada detikHealth, ditemui di acara tersebut.


Dance sehat SADARI komunitas LovepinkDance sehat SADARI komunitas Lovepink Foto: Annissa Widya Davita


Deteksi dini dinilai sebagai cara paling praktis untuk mencegah dampak buruk kanker payudara. Diperkirakan 1 dari 8 perempuan di dunia berisiko terserang penyakit ini, dan deteksi dini membuat peluang keberhasilan pengobatan jadi lebih besar.

"Kita sampaikan 12 ciri-ciri kanker payudara, dan kita ajarkan untuk SADARI sebelum melakukan zumba," tambahnya.

Tuty salah satu anggota Lovepink menyampaikan, dengan berolahraga maka hormon endorfin akan meningkat, dan menimbulkan rasa bahagia. Menurutnya, dengan cara seperti ini kita bisa melepaskan stres dan mengurangi risiko kanker payudara.

Infografis SADARI.Info grafis SADARI Foto: detikcom
(Annissa Widya Davita/up)
Topik Hangat Bulan Kanker Payudara