Jumat, 19 Okt 2018 18:01 WIB

Peneliti: Kecenderungan Lesbian Bisa Dilihat dari Panjang Jari

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi tangan laki-laki dan perempuan. Foto: Thinkstock Ilustrasi tangan laki-laki dan perempuan. Foto: Thinkstock
Jakarta - Bagaimana caranya tahu seksualitas seseorang selain dari bertanya langsung? Menurut peneliti dalam studi terbaru yang dipublikasi di jurnal Archives of Sexual Behaviour kamu bisa mencari petunjuk dengan melihat panjang jari tangannya.

Salah satu peneliti Dr Tuesday Watts dari University of Essex mengatakan bahwa pada 18 pasangan wanita kembar identik dengan seksualitas berbeda, mereka yang lesbian cenderung memiliki ukuran berbeda pada jari telunjuk dan jari manisnya. Menurut peneliti karakteristik jari seperti itu umum ada pada laki-laki.


Peneliti juga melakukan analisa panjang jari pada 14 pasangan pria kembar identik dengan seksualitas berbeda. Namun tidak menemukan adanya korelasi.

Mengapa pada wanita lesbian panjang jari bisa jadi petunjuk seksualitasnya? Peneliti berteori kemungkinan karena terpapar hormon testosteron lebih banyak saat di dalam rahim. Hormon testosteron adalah hormon seks pria dan dalam kandungan janin akan terpapar oleh hormon ini.

"Karena kembar identik, dengan gen yang 100 persen sama, bisa memiliki perbedaan orientasi seksual maka pasti ada faktor lain yang jadi penyebab perbedaan tersebut," kata Dr Watts seperti dikutip dari BBC, Jumat (19/10/2018).

Menurut Dr Watts semakin tinggi tingkat paparan hormon testosteron saat dalam kandungan maka kecenderungan seseorang untuk menjadi biseksual atau homoseksual kelak bisa meningkat.

"Karena kaitan antara tingkat hormon dengan ukuran jari tersebut, melihat jari seseorang bisa memberi petunjuk tentang seksualitasnya," pungkas Dr Watts.

(fds/up)
News Feed