Selasa, 30 Okt 2018 11:39 WIB

Ternyata Diabetes Mempengaruhi Hubungan Intim dengan Pasangan

Rizki Ati Huluwa - detikHealth
Foto: Shutterstock
Jakarta - Penyakit diabetes ternyata bisa mempengaruhi hubungan intim dengan pasangan. Biasanya hal ini disebabkan oleh berbagai komplikasi dari penyakit diabetes, misalnya tak bersemangat dalam berhubungan intim. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Penelitian dari Icahn School of Medicine Mount Sinai New York menyatakan diabetes yang tak terkontrol bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan saraf neuropati otonom yang bisa mempengaruhi hubungan intim.

Bagi wanita, kerusakan syaraf ini bisa menurunkan rangsangan yang berarti Miss V tidak menghasilkan lubrikasi yang cukup saat berhubungan intim.

Dilansir dari Everyday Health, Asisten Profesor Diabetes, Endokrinologi, dan Penyakit Tulang Icahn School of Medicine Mount Sinai Deena Adimoolam, mengatakan pengaruh lainnya untuk wanita adalah saat berhubungan akan terasa menyakitkan. Begitu juga bila wanita yang sudah melakukan penyuntikan insulin lebih dari dua kali. Biasanya akan mengalami ketidakpuasan dalam berhubungan.


Jika mengalami masalah tersebut, disarankan untuk mencoba over-the-counter lubricants. Cara ini bisa mengatasi kekeringan Miss V agar tak terasa sakit saat berhubungan.

Sedangkan bagi pria, akan mengakibatkan tak mengalirnya cukup darah ke Mr P untuk mempertahankan ereksi yang dikenal dengan disfungsi ereksi. Perlakuan untuk masalah pada pria ini bisa dengan memompa atau menarik darah ke Mr P.

Untuk mengatasi semua masalah tersebut, perlu dilakukan kontrol kadar gula dalam tubuh. Caranya bisa melalui diet makanan sehat yang sudah direkomendasikan oleh dokter, olahraga yang teratur, dan mengonsumsi obat-obatan yang mampu mencegah disfungsi seksual tersebut.

Ternyata Diabetes Mempengaruhi Hubungan Intim dengan PasanganFoto: Dok. Tropicana Slim

Dikutip dari Web MD, pasangan juga dianjurkan untuk membuat suasana menjadi lebih intim dengan berbagai cara. Misalnya berlibur berdua atau bahkan mencoba posisi hubungan intim yang baru. Hal yang tak kalah penting lainnya adalah mengikuti gaya hidup sehat agar kehidupan seks menjadi lebih intim.

(idr/up)