Minggu, 04 Nov 2018 14:20 WIB

Gangguan Pencernaan: Kondisi Kesehatan yang Sebetulnya Bisa Sembuh

Rosmha Widiyani - detikHealth
Jangan sepelekan kalau kondisi pencernaan kamu bermasalah. (Foto ilustrasi: thinkstock) Jangan sepelekan kalau kondisi pencernaan kamu bermasalah. (Foto ilustrasi: thinkstock)
Jakarta - Komedian Pretty Asmara disebut pernah mengalami gangguan pencernaan, hingga mengalami penurunan berat badan. Pretty Asmara wafat pada Minggu (4/11/2018) di RS Pengayoman, Jakarta Timur.

Dokter ahli pencernaan Ari Fahrial Syam mengatakan, gangguan pencernaan sebetulnya bisa sembuh. Namun pasiennya harus menjalani USG dan endoskopi terlebih dulu. Hal ini untuk menentukan penyebab utama gangguan pencernaan.



"Selanjutnya disusun rencana pengobatan berdasar hasil uji. Jika memang ada ulkus maka lukanya diobati. Pasien tentunya harus rutin minum obat dan berkonsultasi ke dokter," kata Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Ari juga menyarankan pasien menghindari faktor risiko yang memperberat gangguan pencernaan. Faktor risiko ini meliputi alkohol dan rokok yang merusak merusak dinding dalam lambung. Faktor ini sebaiknya tetap dihindari, meski pasien sudah dinyatakan sembuh.

Gangguan pencernaan secara umum dibagi atas organik dan fungsional. Hasil endoskopi pada kasus gangguan fungsional tidak mendapati kelainan pada organ pencernaan. Sedangkan gangguan organik mendapati adanya kelainan meliputi luka dalam, lecet, atau kanker pada kerongkongan, lambung, dan usus dua belas jari.

(fds/fds)