Rabu, 07 Nov 2018 15:00 WIB

Gangguan Psikis Seperti Ratna Sarumpaet, Ini Saran Bagi Orang Terdekat

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ratna Sarumpaet disebut alami gangguan psikis. Foto: Kanavino-detikcom Ratna Sarumpaet disebut alami gangguan psikis. Foto: Kanavino-detikcom
Jakarta - Ratna Sarumpaet dikabarkan mengalami gangguan psikis selama berada di tahanan. Anaknya, Atiqah Hasiholan sangat mengkhawatirkan keadaan ibunya itu.

Menurut psikolog Universitas Indonesia, Bona Sardo, MPsi, peran keluarga dan orang terdekat sangat penting untuk seseorang bisa mengatasi gangguan psikis yang dialaminya.

"Tingkatkan faktor protektifnya saja. Bisa dengan rajin-rajin kasih dukungan dengan mendatangi napi di penjara, dengarkan keluhannya dan tidak judgmental, beri dukungan secukupnya sesuai dengan yang diijinkan oleh penjara," ujarnya kepada detikHealth melalui pesan singkat, Rabu (7/11/2018).



Namun akan sebaliknya jika tidak kurang ada dukungan dari orang sekitar, terutama orang yang dicintainya. Orang yang mengalami gangguan psikis tersebut bisa semakin parah.

"Seseorang itu bisa semakin parah kalau ada faktor-faktor risiko yang menyebabkan stressor tertentu, contoh perceraian, dipecat dari pekerjaan, kena kasus hukum, dan lain-lain," jelas Bona.

Semakin banyak faktor risiko yang memicu gangguan psikis lain, maka semakin rentan seseorang tersebut mengalami gangguan yang lebih berat. Bukan hanya satu jenis, tetapi bisa beberapa jenis gangguan yang dialaminya pada satu waktu.



(wdw/up)
News Feed