Selasa, 13 Nov 2018 07:33 WIB

Suka Ngupil? Awas, Jari Masuk Hidung Bisa Tularkan Pneumonia

Yoga Radyan Nalendra      - detikHealth
Jari yang masuk ke hidung bisa tularkan pneumonia lho. Foto: iStock Jari yang masuk ke hidung bisa tularkan pneumonia lho. Foto: iStock
Jakarta - Aktivitas mengorek hidung atau bisa disebut dengan ngupil, adalah aktivitas yang tanpa disadari paling sering kita lakukan. Di samping 'enak' dan pandangan orang terhadap aktivitas tersebut jorok, ternyata ngupil bisa menyebarkan bakteri berbahaya. Dan, lebih buruknya bisa menyebabkan pneumonia atau radang paru-paru.

Hal ini terungkap dalam sebuah penelitian di European Respiratory Journal. Ini adalah penelitian pertama yang menunjukkan bahwa penularan bisa terjadi melalui kontak antara hidung dan tangan. Salah satu caranya adalah dengan mengupil.

Dokter paru dari RS Persahabatan, Dr dr Erlina Burhan, Sp.P(K) mengatakan bahwa ada banyak sekali kuman di jari tangan. Karenanya, sangat beralasan kalau ada anjuran untuk tidak sering-sering ngupil.

"Dan tangan kita mendekatkan ke saluran pernapasan, otomatis hidung kita menghirup bakteri yang ada di tangan kita tadi," kata dr Erlina saat ditemui di rumah Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) di kawasan Cipinang, Jakarta Timur, baru-baru ini.



Pneumonia adalah infeksi pada jaringan paru yang diakibatkan oleh bakteri, virus, jamur atau parasit lainnya. Dan pneumonia itu sendiri tidak memandang bulu baik anak, dewasa, maupun orang tua juga riskan dengan penyakit yang bisa, menyebabkan kematian berkisar 1,4 juta pertahunnya secara global.

"Sekali lagi saya konfirmasi, kita melakukan ngupil bisa menyebabkan pneumonia. Selain itu juga, dampak ngupil terlalu sering bisa membuat infeksi sekitar lubang hidung dan luka di dalam hidung," tutupnya.

(up/up)
News Feed