Kamis, 15 Nov 2018 12:06 WIB

Waduh, Kemajuan Teknologi Bikin Generasi Zaman Now Malas Pacaran

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi remaja akrab teknologi dan media sosial. Foto: ilustrasi/thinkstock Ilustrasi remaja akrab teknologi dan media sosial. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Tumbuh di era kemajuan teknologi dan media sosial, ternyata menyebabkan generasi zaman now lebih manja. Mereka malas pacaran, bekerja, dan enggan punya izin berkendara.

Temuan ini merupakan pengembangan hasil riset yang dilakukan psikologi Jean Twenge from San Diego State University dannKeith Campbell dari University of Georgia. Keduanya meriset 40 ribu responden berusia 2-17 tahun sebagai bagian dari survei kesehatan nasional pada 2016 di Amerika Serikat.

Dalam riset tersebut, mental yang rapuh menyebabkan iGen kerap merasa sendiri dan sulit bergaul. Keterbatasan kemampuan juga mengakibatkan iGen kerap merasa tidak berguna, karena gagal melakukan sesuatu dengan baik.

Era perkembangan teknologi sebetulnya menyebabkan generasi usai 1995 hidup lebih aman dan terjamin. Namun, manja berdampak pada keterbatasan responden hidup mandiri dibanding generasi sebelumnya. Mereka juga cenderung tidak mudah puas dengan segala hal yang telah dimiliki.

"Mereka merasa seperti kehilangan sesuatu akibat terlalu akrab dengan teknologi. Mereka mulai sadar jika ketergantungan dengan teknologi bukan hal yang baik," kata Twenge dikutip dari Daily Mail.


Menurut Twenge, manja akibat terlalu akrab dengan teknologi menjadi karakter khas generasi iGen. Mereka lahir setelah 1995 bersamaan dengan perkembangan gadget dan media sosial yang masif.

Bila dibiarkan, iGen menjadi kelompok yang paling berisiko terkena depresi. Twenge mengatakan, kecenderungan ini sebetulnya sudah terlihat sejak 2011. Gejala depresi meningkat hampir 60 persen dalam lima tahun terakhir.

Menurut Twenge, depresi pada remaja pengguna aktif gadget dan media sosial bisa dicegah. Hal ini perlu usaha aktif orangtua dan masyarakat yang ikut memantau cara remaja menghabiskan waktu luang, menggunakan gadget, dan aktif di media sosial.

(Rosmha Widiyani/up)
News Feed