Sabtu, 01 Des 2018 12:23 WIB

Hari AIDS Sedunia

Kemenkes: HIV AIDS Tidak Mudah Menular

Rosmha Widiyani - detikHealth
Spanduk antiretroviral (ARV) yang merupakan penanganan menghadapi HIV AIDS di perayaan Hari AIDS Sedunia 2018. Foto: Grandyos Zafna Spanduk antiretroviral (ARV) yang merupakan penanganan menghadapi HIV AIDS di perayaan Hari AIDS Sedunia 2018. Foto: Grandyos Zafna
Topik Hangat Hari AIDS Sedunia 2018
Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menegaskan HIV AIDS sangat tidak mudah menular. HIV AIDS hanya ditularkan dalam kondisi tertentu, misal perilaku seks berisiko dan tanpa pengaman.

"Tidak perlu takut menghadapi penyakit infeksi HIV AIDS. Asal minum obat teratur, pengidapnya bisa hidup dan beraktivitas dengan baik," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes Wiendra Waworuntu pada detikHealth, Sabtu (1/12/2019).


Penularan HIV AIDS sebetulnya sangat terbatas. Selain hubungan seks berisiko, penularan bisa lewat penggunaan jarum suntik lebih dari satu orang dan transfusi darah. Virus juga mudah menular dari ibu ke anak, misal lewat pemberian ASI.

Anggapan mudahnya penularan HIV AIDS tak lepas dari stigma yang masih ada terkait penyakit ini. Mereka yang lebih tahu mampu menyikapi stigma dan pengidap HIV AIDS dengan lebih baik. Hal ini berbeda dengan warga yang masih minim pengetahuannya soal HIV AIDS.

Dengan kondisi ini, Wiendra menyatakan masih perlu pendekatan pada masyarakat terkait HIV AIDS. Pendekatan tak hanya dari aspek medis, tapi juga sosial yang melibatkan seluruh komponen masyarakat. Pendekatan sosial mampu menghapus stigma dan memudahkan penerimaan penyandang HIV AIDS di masyarakat.


Saksikan juga video ' Memeluk Pengidap AIDS di CFD ':

[Gambas:Video 20detik]


Kemenkes: HIV AIDS Tidak Mudah Menular

(Rosmha Widiyani/up)
Topik Hangat Hari AIDS Sedunia 2018
News Feed