Selasa, 18 Des 2018 13:01 WIB

Butuh Bahan untuk Skripsi? Mampir Saja ke Gedung Balitbangkes

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Skripsian bisa cari referensi di Balitbangkes. Foto: Aisyah/detikHealth Skripsian bisa cari referensi di Balitbangkes. Foto: Aisyah/detikHealth
Jakarta - Gedung Pelayanan Publik Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) yang bertempat di Percetakan Negara, Jakarta Pusat, telah diresmikan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila F. Moeloek. Gedung tersebut dipindah dari lokasi sebelumnya demi mendapatkan ruang yang lebih luas.

Dalam kesempatan tersebut, Nila mengaku sangat senang dengan peresmian gedung ini karena informasi yang bisa didapatkan di sini sangatlah beragam. Masyarakat bisa belajar untuk memahami kekayaan alam yang kita miliki.

"Saya kira gedung ini dimanfaatkan untuk pelayanan informasi publik. Mungkin saya pribadi belum bisa melihat secara luas dan secara komprehensif apa yang kita punyai," tutur Nila.

"Saya memikirkan untuk Kepala Balitbangkes agar bisa tersosialisasi, misalnya salah satu contoh, tolong ajak perusahaan farmasi. Karena kita ini begitu banyaknya tumbuhan herbal, ini harus dipikirkan, mau dijadikan apa? Bagaimana caranya? Ada yang sudah jadi misalnya obat malaria, tapi ini bagaimana caranya supaya ini terpakai," tambahnya.

Koleksi buku dan jurnal di Gedung Balitbangkes.Koleksi buku dan jurnal di Gedung Balitbangkes. Foto: Aisyah/detikHealth


Bagi yang penasaran atau lagi skripsian, gedung ini menyajikan berbagai layanan. Pertama, di gedung ini ada perpustakaan dengan ribuan koleksi buku kesehatan dan kedokteran dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Ada juga penelitian dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), jurnal elektronik. Terdapat pula galeri riset kesehatan berisikan pameran ilustratif dengan peninggalan media asli atau miniatur.


Yang paling penting, adanya info center yang akan menghubungkan publik dengan pengguna data antara lain layanan data, pemberian material transfer agreement (MTA), permohonan ethical clearance penelitian kesehatan, rekomendasi penelitian kesehatan dan pendampingan pembuatan proposal penelitian ilmiah.

Ayo yang butuh-butuh jurnal soal kesehatan, bisa banget mampir ke sini.

(ask/up)
News Feed