Jumat, 21 Des 2018 09:30 WIB

Riset Terbaru Ungkap Penyebab Disfungsi Ereksi dan Cara Mencegahnya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Diperkirakan 1 dari 5 pria di atas usia 60 tahun mengidap disfungsi ereksi (Foto: iStock) Diperkirakan 1 dari 5 pria di atas usia 60 tahun mengidap disfungsi ereksi (Foto: iStock)
Jakarta - Sebuah penelitian terbaru kembali mengungkap penyebab disfungsi ereksi, masalah seksual yang banyak ditakuti pria. Penelitian ini juga mengungkap cara mudah untuk mencegahnya.

Dalam penelitian ini, para ilmuwan dari University of Oxford dan University of Exeter menganalisis data dari 6.000 pria. Mereka mencari keterkaitan antara diabetes dengan berbagai aspek dalam tubuh.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa faktor genetik yang berhubungan dengan diabetes tipe 2, berhubungan juga dengan disfungsi ereksi. Ini berarti keduanya saling terkait.

Sebenarnya, masih terlalu dini untuk menyimpulkan adanya hubungan sebab akibat. Masih sangat sedikit uji klinis yang membuktikan bahwa kontrol gula darah bisa mengatasi disfungsi ereksi.



"Disfungsi ereksi dialami sedikitnya 1 dari 5 orang di atas usia 60 tahun, dan sampai sekarang sangat sedikit yang kita tahu soal penyebabnya," kata Anna Murray dari University of Exeter yang melakukan penelitian ini, dikutip dari Newscientist.

Namun bukan berarti tidak bisa dihindari. Temuan ini mengungkap kemungkinan bahwa gaya hidup sehat seperti rajin olahraga dan pola makan yang seimbang, bisa mencegah munculnya disfungsi ereksi.

Penelitian ini dipublikasikan di American Journal of Human Genetics.

(up/fds)
News Feed