Jumat, 28 Des 2018 11:04 WIB

Hal yang Bisa Dilakukan Jika Rumah Jauh dari Fasilitas Kesehatan

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Memiliki hunian yang dekat fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas memang menjadi hal yang penting. Namun bagaimana jika rumah jauh dari fasilitas kesehatan tersebut dan anggota keluarga memerlukan informasi terkait kesehatan?

Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) periode 2018-2021, dr. Daeng M Faqih, SH, MH, mengungkapkan beberapa informasi kesehatan bisa didapatkan melalui internet, yakni di situs dan aplikasi yang kredibel.

"Sebaiknya cari info tentang kesehatan di situs dan aplikasi yang kredibel, yang memberi saran benar-benar tenaga medis dan telah memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) dan Surat Izin Praktik (SIP)," ujarnya saat dihubungi detikHealth, belum lama ini.


dr. Daeng tak memungkiri bahwa di zaman yang serba canggih ini, masyarakat bisa mendapatkan ragam informasi dengan mudah, termasuk kesehatan. Maka ahli kesehatan seperti dokter turut terjun langsung memberikan informasi di internet.

"Itu kemajuan teknologi dan tren kebutuhan masyarakat milenial yang tidak bisa ditolak dan diabaikan, tapi harus dibina, diawasi, dan diatur. Salah satunya adalah bahwa situs dan aplikasi tersebut harus resmi dan diasuh oleh tenaga yang sah dan kredibel," tegasnya.

Adapun informasi yang bisa ditemukan misalnya informasi tentang suatu penyakit. Mulai dari gejalanya, obat, dokter yang cocok menangani, dan cara penanganan lainnya. Namun ada hal yang perlu diingat, dr. Daeng mengimbau jika kondisi kesehatan makin parah harus langsung berkonsultasi ke fasilitas kesehatan.

"Kalau kasus-kasus gawat darurat atau kasus berat harus ditangani dengan perawatan di fasilitas kesehatan, tidak bisa dengan online. Harus segera ke faskes terdekat," katanya.

(prf/up)