Jumat, 28 Des 2018 13:29 WIB

'Melupakan Mantan' Jadi Resolusi 2019? Catat, Ini Saran Psikolog

Kireina S. Cahyani - detikHealth
Bikin resolusi sehat untuk 2019? Saran psikolog, jangan libatkan mantan! (Foto: iStock) Bikin resolusi sehat untuk 2019? Saran psikolog, jangan libatkan mantan! (Foto: iStock)
Topik Hangat Resolusi Sehat 2019
Jakarta - Dibayang-bayangi kenangan akan mantan memang nggak sehat bagi kejiwaan. Tetapi terlalu keras berusaha untuk melupakan, ternyata juga tidak lebih sehat. Apalagi sampai masuk dalam resolusi tahun baru 2019.

"Ketika anda menaruh list melupakan mantan sebagai list resolusi pertama di tahun 2019, maka semakin sulit Anda melupakan mantan Anda," jelas Christina Tedja, M.Psi, Psikolog Klinis dari Ciputra Medical Center kepada detikHealth.

Menurut psikologis klinis Tina, semakin otak bekerja keras untuk melupakan itu artinya proses berpikir otak akan mengedepankan isu tersebut, sehingga justru malah akan semakin teringat.

"Selagi itu memori dalam diri kita dan kita tidak memiliki masalah kognitif atau gangguan berpikir maka hal tersebut akan tetap melekat," ujar Tina, Jumat (28/12/2018).



Tina juga mengatakan bahwa hal yang perlu diperhatikan dari keinginan untuk melupakan sosok mantan adalah keyakinan terhadap diri sendiri. Seperti, menanyakan pada diri sendiri.

"Maukah Anda menerima kenyataan saat ini sudah berpisah dengan mantan. Lalu maukah Anda bergerak atau beraktivitas untuk produktif kembali?" kata Tina.

Jadi siapa nih yang masih usaha melupakan mantan dengan resolusi 2019? Mending atur ulang resolusimu ya Healthy Friends, demi kesehatan jiwa!



(up/up)
Topik Hangat Resolusi Sehat 2019