Sabtu, 29 Des 2018 13:00 WIB

Ingin Menjaga Komunikasi dengan Mantan? Sah-Sah Saja, Tapi Ada Tipsnya

Kireina S. Cahyani - detikHealth
Tak usah terburu-buru jika ingin berteman dengan mantan. (Foto: Thinkstock) Tak usah terburu-buru jika ingin berteman dengan mantan. (Foto: Thinkstock)
Topik Hangat Resolusi Sehat 2019
Jakarta - Nggak ada salahnya untuk tetap berhubungan baik dengan mantan jika sudah memutuskan untuk berpisah. Lebih baik lagi jika tetap berteman, namun tetap perhatikan konsekuensinya jangan sampai pertemanan itu malah bikin kamu susah move on.

"Menjaga hubungan baik dengan mantan sah-sah saja, apalagi jika dapat tetap berteman. Namun, harus diingat apakah kamu sudah sepenuhnya siap untuk berteman tanpa terbawa perasaan akan hubungan masa lalu kalian dan akhirnya malah mempersulit proses move on kalian," tutur Kantiana Taslim, MPsi, Psikolog Klinis dari Personal Growth saat dihubungi oleh detikHealth, Jumat (28/12/2018).



Nana, sapaannya, menambahkan jika memang merasa sudah siap, tidak ada salahnya mencoba tetap menjaga hubungan baik. Sebab, ada keuntungan yang bisa didapatkan dari berteman dengan mantan. Misalnya, dia bisa menjadi pemberi solusi terbaik apalagi jika telah bersama dalam kurun waktu yang lama.

Tetapi, jika masih merasa belum siap dan tidak dapat menjaga objektivitas dalam pertemanan dengan mantan, ada baiknya untuk menjaga jarak lebih dahulu untuk memberi dirimu waktu berproses.

"Lebih baik kamu berproses terlebih dahulu dan pada akhirnya dapat tetap menjaga hubungan baik dengan mantan, dibandingkan terburu-buru berteman padahal kamu belum siap dan malah merusak hubunganmu dengan mantan," pungkasnya.

(kna/up)
Topik Hangat Resolusi Sehat 2019