Rabu, 02 Jan 2019 08:06 WIB

Tren Kesehatan 2019

Usia Nikah Makin Mundur, Bayi Tabung Diperkirakan Ngetren di 2019

Rosmha Widiyani - detikHealth
Prosedur bayi tabung diperkirakan masih akan ngetren di 2019 (Foto: iStock) Prosedur bayi tabung diperkirakan masih akan ngetren di 2019 (Foto: iStock)
Topik Hangat Tren Kesehatan 2019
Jakarta - Teknologi reproduksi berbantu, salah satunya bayi tabung, semakin canggih di 2019. Dengan usia pernikahan yang semakin mundur, teknologi ini menjadi harapan pasangan yang belum dianugerahi keturunan. Meski berpeluang menjadi trend, teknologi ini sebetulnya tidak menjawab seluruh masalah.

"Peminat bisa jadi bertambah karena usia pernikahan yang semakin mundur di 2019. Namun harus menjadi catatan, teknologi reproduksi berbantu termasuk bayi tabung tidak menjadi jawaban pada pasangan yang mengalami masalah kesuburan," kata Guru Besar Tetap Universitas Indonesia (UI) Bidang Kedokteran Prof dr Budi Wiweko SpOG (K).



Ahli kandungan dan kehamilan yang kerap disapa dr Iko ini menjelaskan, usia pernikahan terus mundur selama satu dekade terakhir. Usia perempuan rata-rata saat melahirkan anak pertama selalu maju lima tahun. Di Indonesia, dengan usia saat menikah 26-27 tahun maka perempuan akan melahirkan di usia 28-29 tahun. Di luar negeri, usia perempuan saat melahirkan anak pertama adalah 30-35 tahun.

Risiko mengalami kesuburan semakin meningkat seiring petumbuhan usia. Menurut dr Iko, masalah kesuburan menjadi salah satu penyebab gagalnya proses kehamilan di teknologi reproduksi berbantu. Masalah kesuburan harus diatasi terlebih dulu sebelum mengusahakan keturunan dengan teknologi reproduksi berbantu.

Terlepas dari rencana atau peluang memiliki keturunan, dr Iko juga berpesan selalu menjalankan pola hidup sehat. Sesuai siklus, persediaan sel telur pada perempuan menurun drastis di usia 35-37 tahun. Penurunan ini bisa terjadi lebih dini bila perempuan menerapkan gaya hidup buruk, misal merokok. Selain kuantitas, penurunan juga bisa terjadi kualitas sel telur.

(up/up)
Topik Hangat Tren Kesehatan 2019
News Feed