Sabtu, 05 Jan 2019 10:30 WIB

Tren Kesehatan 2019

Teknik Oplas dengan Stem Cell Diprediksi Ngehits di 2019

Rosmha Widiyani - detikHealth
Bedah plastik dengan sel punca diprediksi bakal ngehits di 2019. (Foto: iStock) Bedah plastik dengan sel punca diprediksi bakal ngehits di 2019. (Foto: iStock)
Topik Hangat Tren Kesehatan 2019
Jakarta - Stem cell atau sel punca sejatinya memang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Termasuk bedah plastik untuk memperbaiki penampilan maupun rekonstruksi. Teknik ini diprediksi bakal populer di tahun 2019.

"Untuk jenis operasi masih sama untuk tahun ini, misal face and body contour. Namun untuk tekniknya, stem cell mungkin lebih populer di 2019," kata dokter bedah plastik rekonstruksi estetika dr Fonny Josh SpBP-RE (K) pada detikHealth, baru-baru ini.



Kepopuleran stem cell juga didukung tekniknya yang minim luka, dengan hasil maksimal. Hal ini memungkinkan pasien tidak membutuhkan waktu perawatan yang lama, sebelum kembali beraktivitas. Pasien juga tak perlu khawatir ketahuan melakukan oplas, karena bekas yang nyaris tak terlihat.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengingatkan untuk tidak melakukan terapi stem cell di sembarang tempat. Pasien harus mengetahui kredibilitas dokter dan layanan yang menyediakan stem cell. Masyarakat jangan sampai terkecoh harga murah dengan mutu yang belum terjamin.

Hingga saat ini, Kemenkes hanya mengeluarkan izin layanan stem cell pada 11 rumah sakit. Terapi stem cell yang diberikan hingga saat ini masih berbasis riset. Pemerintah belum menetapkan layanan terapi sel punca terstandar yang bisa diterapkan hingga klinik.

(Rosmha Widiyani/up)
Topik Hangat Tren Kesehatan 2019
News Feed