Jumat, 04 Jan 2019 07:55 WIB

Mengenal Konjak, Sumber Karbohidrat yang Diprediksi Bakal Ngehits di 2019

Kireina S. Cahyani - detikHealth
Sumber karbohidrat alternatif Konjak diprediksi bakal ngehits di 2019 (Foto: iStock) Sumber karbohidrat alternatif Konjak diprediksi bakal ngehits di 2019 (Foto: iStock)
Topik Hangat Tren Kesehatan 2019
Jakarta - Untuk memenuhi resolusi menurunkan berat badan, ternyata saat ini banyak alternatifnya. Salah satunya dengan mengonsumsi konjak atau konjac sebagai pengganti makanan pokok sehari-hari.

"Konjac sebagai pengganti karbohidrat semakin populer karena kalorinya sangat rendah dan dapat diolah dengan berbagai metode atau masakan," kata ahli nutrisi dan olahraga, Jansen Ongko, dalam wawancara dengan detikHealth.

Saat ini berbagai jenis olahan konjak telah semakin menjamur keberadaannya. Seperti mi konjak, tepung konjak, dan jelly konjak.

Menurut dokter spesialis gizi klinik dari RS Pondok Indah - Puri Indah, dr Raissa E Djuanda, M Gizi, Sp GK, konjak memiliki lebih banyak serat larut, sehingga di dalam lambung akan bertahan lebih lama dan akan mengurangi rasa lapar.



dr Raissa juga mengatakan selain itu juga konjac memiliki kandungan kalori yang rendah, sehingga bagus untuk menurunkan berat badan, kolesterol, dan gula darah. Konjak sangat cocok untuk dijadikan sebagai pilihan makanan seseorang yang ingin menurunkan berat badan.

"Konjac juga bisa dijadikan sebagai pilihan menu yang dapat mengecilkan perut buncit. Karena konjac memiliki manfaat yang dapat melancarkan pencernaan juga," tutup dr Raissa saat dihubungi detikHealth, Kamis, (3/1/2019).

(up/up)
Topik Hangat Tren Kesehatan 2019