Rabu, 02 Jan 2019 17:15 WIB

Saran Psikolog Buat Kamu yang Backstreet

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi pacaran. Foto: thinkstock Ilustrasi pacaran. Foto: thinkstock
Jakarta - Sebuah situs berita menggunggah foto seleb K-Pop Kai EXO dan Jennie Blackpink yang sedang pacaran. Hubungan keduanya lantas dikonfimasi agensi Kai EXO, SM Entertainment. Namun agensi Jennie Blackpink YG Entertainment masih belum mengeluarkan pernyataan.

Pacaran backstreet alias main belakang, masih akan terus terjadi meski tahun berganti. Pasangan bukannya tidak tahu rasa bersalah yang timbul akibat membohongi lingkungan sekitar. Namun, backstreet dianggap sebagai alternatif bagi pasangan yang belum mendapat persetujuan lingkungan terdekatnya.

"Buat pasangan yang masih backstreet, mending segera move on. Pacaran dengan gaya ini ujungnya belum jelas, apakah akan serius atau tidak," kata psikolog Indri Savitri yang kini praktik di Balai Pengobatan/Kesehatan Masyarakat (Balkesmas) Immanuel pada detikHealth, Rabu (02/01/2019).


Pilihan backstreet biasanya tak lepas dari kebudayaan atau kebiasaan di lingkungan tempat pasangan dibesarkan. Misal tidak membolehkan pacaran, atau memberi syarat tertentu bagi yang ingin berhubungan dekat. Meski begitu, pacaran backstreet sebetulnya bisa dihindari pasangan

Perbedaan lingkungan bisa dijembatani dengan komunikasi yang tepat, antara pasangan dan lingkungannya. Selama menjalin komunikasi, Indri mengingatkan untuk mempertahankan komitmen jujur dan tidak mengulangi backstreet. Kejujuran memungkinkan lingkungan lebih mudah menerima atau memaafkan pasangan.

Menjalin komunikasi dan keterbukaan pada pasangan backstreet terhadap lingkungan terdekatnya bukan hal yang mudah. Berbagai rintangan dan anggapan miring tentu akan dihadapi pasangan. Namun kejujuran akan memberi jalan bagi pasangan backstreet hingga akhirnya mendapat restu keluarga dan lingkungan terdekatnya.

(up/up)