Kamis, 03 Jan 2019 08:35 WIB

Hindari Stres Gara-Gara Pilpres, Dokter Jiwa Sarankan Puasa Medsos

Kireina S. Cahyani - detikHealth
Ilustrasi tinta pemilu (Foto: Ari Saputra) Ilustrasi tinta pemilu (Foto: Ari Saputra)
Topik Hangat Tren Kesehatan 2019
Jakarta - Menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, suasana politik yang 'panas' tak jarang mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Tidak sedikit yang berantem, baik di media sosial maupun dunia nyata. Menghadapi semua itu, stres nggak sih?

Biar nggak ikut stres, dr Andri, SpKJ dari RS Ombi Alam Sutera menyampaikan tips dalam perbincangan dengan detikHealth. Salah satunya dengan banyak-banyak membaca informasi yang terpercaya.

"Budaya banyak membaca ini tentu saja menjadi hal ini yang baik. Kalau bisa juga jangan hanya baca karya fiksi, tapi juga perbanyak membaca non fiksi yang tak jarang lebih banyak memberikan banyak manfaat," jelas dr Andri.



Tidak hanya itu ternyata masih ada hal-hal yang dapat dilakukan menurut dr Andri untuk mengatasi stres menghadapi panasnya pilpres. Salah satunya hal yang dapat dilakukan di dunia maya.

"Bila sudah panas-panasnya di media sosial lebih baik kita puasa media sosial (medsos) dahulu, saat puasa medsos ini lebih baik kita banyakin untuk membaca dan memperbanyak untuk berinteraksi dengan orang lain, dari situ kita akan banyak melakukan upaya-upaya yang membuat kita bisa mengenal satu sama lain secara langsung bukan hanya melalui medsos," ujar dr Andri.

"Bahkan boleh kita juga melalukan upaya untuk menjadi sukarewalan, hal ini juga penting untuk kita. Karena dapat membantu melatih diri kita peka terhadap rasa afeksi (kasih sayang)," tutup dr Andri.

(up/up)
Topik Hangat Tren Kesehatan 2019
News Feed