Kamis, 03 Jan 2019 17:04 WIB

Biaya Cuci Darah: Rp 1 juta Sekali Treatment, Minimal 8 Kali Sebulan!

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
pasien gagal ginjal dalam sebulan minimal melakukan cuci darah 8 kali atau 10-15 jam dalam seminggu. (Foto: iStock) pasien gagal ginjal dalam sebulan minimal melakukan cuci darah 8 kali atau 10-15 jam dalam seminggu. (Foto: iStock)
Jakarta - Cuci darah atau hemodialisis merupakan pengobatan yang dilakukan oleh pasien dengan gagal ginjal. Prosesnya yakni mengalirkan darah pasien ke mesin tertentu melalui dialisis untuk menyaring toksin atau racun dalam tubuh.

Beberapa perawatan cuci darah telah ditanggung oleh BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Namun untuk satu kali perawatan umum, pasien harus merogoh kocek yang lumayan dalam.

"Kondisi pasien menentukan harganya juga. Umumnya itu satu juta rupiah sekali perawatan tapi belum termasuk tambahan vitamin, oksigen, dan lainnya," ujar dr Hani dari Rena Medika Klinik Hemodialisis saat dijumpai oleh tim detikHealth di lokasi yang sama pada Kamis, (3/1/2019).



dr Hani menambahkan untuk pasien gagal ginjal dalam sebulan minimal melakukan cuci darah 8 kali atau 10-15 jam dalam seminggu.

Meski cuci darah mampu menggantikan beberapa fungsi ginjal akibat kerusakan organ tersebut seperti mengeluarkan racun atau toksin, namun treatment ini tidak bisa digunakan untuk fungsi ginjal lainnya.

"Cuci darah tidak bisa menggantikan beberapa fungsi ginjal seperti membentuk hemoglobin dalam darah makanya pasien gagal ginjal juga tetap membutuhkan transfusi darah," pungkasnya.

(kna/up)
News Feed