Selasa, 08 Jan 2019 11:40 WIB

Dinyatakan Sembuh dari Kanker, Apa Sih Artinya?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Ustaz Arifin Ilham dirawat di RSCM setelah sempat dinyatakan sembuh dari kanker kelenjar getah bening stadium 4. (Foto: dok. Alvin)
Jakarta - Ustaz Arifin Ilham sempat dinyatakan 'sembuh' dari kanker kelenjar getah bening stadium 4. Belakangan, ia kembali dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) meski belum diketahui pasti penyakit apa yang diidapnya saat ini.

Pada kanker, istilah 'sembuh' umumnya mengacu pada status 'remisi' yakni ketika sel-sel kanker sudah tidak terdeteksi lagi di dalam tubuh. Apakah berarti benar-benar tidak ada lagi sel kanker?

Dikutip dari WebMD, dokter sebenarnya tidak mungkin mendeteksi semua sel kanker yang mungkin masih tersisa di dalam tubuh. Karenanya, istilah 'sembuh' jarang digunakan karena sewaktu-waktu bisa saja muncul kembali.



Istilah 'remisi' diberikan ketika sel-sel kanker tidak terdeteksi. Ada dua jenis remisi kanker yang dikenal:

1. Remisi parsial
Yakni ketika kanker masih ada, tetapi tumornya makin kecil. Pada leukemia atau kanker darah, berarti sel-sel kanker di dalam tubuh sudah tinggal sedikit.

Pada remisi parsial, pasien bisa menghentikan pengobatan untuk sementara waktu dan kanker tidak akan tubuh. Namun pemeriksaan harus selalu dilakukan secara rutin seperti halnya penyakit kronis.



2. Remisi komplet
Artinya adalah seluruh tes dan pemeriksaan fisik menunjukkan bahwa kanker sudah hilang. Sering disebut juga dengan istilah 'No Evidence of Disease' (NED).

Apakah masih bisa kambuh lagi setelah 'remisi komplet'? Bisa, dokter menyebutnya sebagai 'recurrence'. Pada kasus tertentu, beberapa sel kanker tetap tidak terdeteksi di dalam tubuh hingga bertahun-tahun setelah pengobatan, tetapi tiba-tiba muncul lagi.

(up/ask)