Sabtu, 12 Jan 2019 06:56 WIB

Sudah Tahu Belum? Di DKI, Calon Pengantin Wajib Tes Kesehatan Lho

Widiya Wiyanti - detikHealth
Nikah Massal di Car Free Night Jelang Tahun Baru (Foto Ilustrasi: Rifkianto Nugroho) Nikah Massal di Car Free Night Jelang Tahun Baru (Foto Ilustrasi: Rifkianto Nugroho)
Topik Hangat Sertifikat Layak Kawin
Jakarta - Bagi calon pengantin, mengurus pernikahan cukup merepotkan dengan segala persyaratan yang sudah ditetapkan. Di DKI Jakarta, ternyata ada satu syarat wajib yang juga harus dipenuhi yakni tes dan konseling kesehatan.

Lulu (22), seorang wanita di Jakarta yang telah menikah pada November 2018, mengaku harus menjalani tes kesehatan yang disyaratkan oleh KUA (Kantor Urusan Agama) di Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

"Ke puskesmas bilang cek kesehatan, terus di cek deh darah sama pipis kedua mempelai buat cek kesehatan, sama HIV. Setelah selesai tes kesehatan dari puskesmas, bawa surat keterangan kesehatan ke KUA lagi, setelah itu di jadwalkan untuk penataran," katanya kepada detikHealth.

Sama halnya dengan Yulva (24) yang juga menjalani tes kesehatan saat sebelum menikah pada Agustus 2018. Ia mengatakan bahwa calon pengantin harus memiliki sertifikat yang dikeluarkan bagian konseling calon pengantin di puskesmas daerah Kramat Jati, Jakarta Timur.

"Di Jakarta semua harus punya sertifikat nikah. Tes kesehatannya tes gizi di poli gizi, laboratorium ambil darah, buat kayak cek HIV, terus suntik TT (Tetanus Toksoid). Terus konseling, kayak ngisi kuisioner tentang pernikahan, habis itu nunggu hasil. Kalau layak dapat sertifikat daru konseling," jelas Yulva.



Namun, ternyata ada pula pengantin tidak mengetahui hal tersebut karena tidak ada sosialisasi apapun dari KUA daerah Cipayung, Jakarta Timur, yaitu Firdaus (25).

"Gua tahu itu wajib tapi bukan sebagai aturan, nggak pernah ada sosialisasinya. Gua datang ke KUA nggak ada sosialisasinya dan nggak disuruh juga," ungkapnya.

Ada pula Denis (25) yang sudah mengetahui hal tersebut namun tidak menjalankan tes kesehatan sebelum pernikahannya pada bulan Desember 2018 lalu. Ia mengaku bahwa takut untuk melakukan tes kesehatan.

"Gua nggak cek, sudah ketakutan duluan. Ngeri disuntik vaksin ini itu. Tapi Alhamdulillah KUA Kecamatan gua nggak ribetin sih, gua nggak ada sertifikat kesehatannya," akunya.

Ada lagi nggak nih calon pengantin yang belum tahu tes kesehatan itu wajib dilakukan sebelum menikah? Tulis di kolom komentar ya!




Simak juga video 'Anies dan Aa Gym Jadi Saksi Nikah Massal di Malam Tahun Baru':

[Gambas:Video 20detik]

(wdw/up)
Topik Hangat Sertifikat Layak Kawin
News Feed