Kamis, 17 Jan 2019 18:22 WIB

Idap Multiple Sclerosis, Selma Blair Alami Kecemasan Tanpa Henti

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Selma Blair mengidap multiple sclerosis. Foto: Getty Images
Jakarta - Bulan Oktober lalu, aktris Selma Blair terdiagnosis multiple sclerosis (MS). Pada unggahan Instagram-nya, ia menyebut penyakit degeneratif saraf otak tersebut membuatnya tak nyaman karena merasa cemas tak terkontrol, terutama saat bepergian keluar.

"Pergi keluar, bersosialisasi butuh usaha keras. Otakku serasa terbakar, tapi aku membeku. Aku tak bisa tidur di malam hari, namun di siang hari aku kesulitan untuk tetap bangun," tulisnya, dikutip dari Women's Health.

Tak cuma soal fisik, ada sisi mentalnya juga saat berurusan dengan penyakit MS ini. Ia mengaku tetap merasa sendirian walau banyak dukungan penuh kasih sayang yang diberikan padanya dan ia syukuri.


"Orang-orang sering menanyai bagaimana aku mengatasi penyakitku. Aku lakukan yang terbaik. Tapi aku terbentur rasa sakit soal kehiilangkanku dan apa yang aku coba harapkan dan seberapa menantangnya untuk berjalan," lanjut wanita yang dikenal dalam perannya dalam film Hellboy ini.

Kesulitan berjalan merupakan gejala paling umum dari MS, karena penyakit ini menyerang sistem saraf pusat sehingga mengganggu komunikasi normal antara otak dengan tubuh. Sehingga pengidapnya akan merasa kelelahan, sulit berjalan, sakit kepala dan vertigo, menurut Lembaga Multiple Sclerosis Nasional Amerika Serikat.

Akibatnya, Selma kini harus memakai tongkat bantu untuk berjalan, yang sempat ia unggah di akun Instagram-nya. Ia juga menggunakannya sebagai 'pemberitahuan' pada orang-orang bahwa ia mudah untuk jatuh atau terpeleset.

Selma mencatat, meskipun gejalanya sangat menyakitkan, ia tetap tulus saat tersenyum. Baginya hidup dengan banyak cobaan membantunya untuk terus bangkit. Walau tidak mudah, ia tidak akan berhenti berdoa dan tetap mencari kasih sayang dari orang sekitar semampunya.

(frp/up)