Selasa, 22 Jan 2019 15:00 WIB

Cara Menulis Huruf X Bisa Menunjukkan Sifat dan Kepribadian?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ternyata ada berbagai macam cara seseorang menuliskan huruf X (Foto: detikHealth) Ternyata ada berbagai macam cara seseorang menuliskan huruf X (Foto: detikHealth)
Jakarta - Seorang seniman membuat ilustrasi 8 versi menuliskan huruf X. Ada yang menulis huruf 'X' seperti cara nomor 7, ada pula yang nomor 8. Banyak pula orang bertanya apa tafsir di balik delapan versi menulis huruf 'X' tersebut.

Sayangnya menurut grafolog atau analis tulisan tangan, Deborah Dewi, tidak ada tafsir tertentu dari kedelapan versi huruf 'X' yang viral itu. Karena ilustrasi tersebut dibuat oleh seorang seniman dari Philadelphia, Sixers Smasey, bukan berdasarkan bukti ilmiah dari hasil penelitian.

Namun Deborah mengungkapkan bahwa setiap goresan tangan seseorang memiliki tafsir yang bisa dianlisis.

"Setiap goresan ada maknanya. Tapi untuk analisis harus dijadikan satu semua, tidak bisa satu-satu. Analisisnya harus komprehensif," jelasnya saat dihubungi detikHealth, Selasa (22/1/2019).



Delapan versi menulis huruf X.Delapan versi menulis huruf X. Foto: Twitter @SMASEY


"Nggak bisa kan kita menilai orang cuma dari penampilannya saja, pasti kita lihat dari perilakunya, sifatnya, dan lain-lain," lanjut Deborah.

Deborah menambahkan, meskipun huruf 'X' hanya terdiri dari dua garis, namun masih ada serabut-serabut garis yang terlihat melalui mikroskop dan bisa untuk dianlasis pula yang menunjukkan karakter seseorang.

(wdw/up)