Kamis, 24 Jan 2019 15:29 WIB

Kebanyakan Makan Buah, Makin Sehat atau Berbahaya?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Makan buah lebih dari 3 porsi per hari bisa berbaya bagi kesehatan. (Foto: Thinkstock) Makan buah lebih dari 3 porsi per hari bisa berbaya bagi kesehatan. (Foto: Thinkstock)
Topik Hangat Overdosis Buah-Buahan
Jakarta - Para ahli di seluruh dunia telah menyepakati bahwa konsumsi buah setiap hari dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Namun, terlalu banyak makan buah pun dapat menurunkan manfaat kesehatannya.

Hal yang dikhawatirkan dari terlalu banyak makan buah adalah kandungan fruktosa atau gula alami yang dimilikinya. Sebagai contoh, seseorang yang hanya makan buah dan mengesampingkan makanan lain dapat menyebabkan kekurangan gizi lainnya.

"Buah bukanlah sumber zat besi atau zinc yang keduanya merupakan komponen penting dari diet sehat. Asupan buah yang berlebihan juga dapat menyebabkan sakit perut pada beberapa orang," tutur ahli gizi, Andy Bellatti, dikutip dari Insider.



Bellatti menambahkan, penyakit seperti mulas, diare, dan kembung adalah efek samping yang paling umum terjadi ketika terlalu banyak makan buah. Selain itu, kandungan gula yang tinggi dapat berbahaya bagi pengidap diabetes.

"Satu tandan pisang memiliki kira-kira 1.200 kalori. Terlalu banyak makan buah ini juga membuat mual," tambahnya.

Belatti menganjurkan untuk makan buah setidaknya 2-3 porsi perharinya agar mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan jumlah ini, kamu bisa mendapat manfaat dari nutrisi dari buah, terutama antioksidan dan fitonutrien tanpa harus makan berlebihan.




Simak juga video 'Alasan Harus Makan Buah dan Sayur Warna-warni':

[Gambas:Video 20detik]


Kebanyakan Makan Buah, Makin Sehat atau Berbahaya?Foto: Mindra P
(kna/up)
Topik Hangat Overdosis Buah-Buahan