Sabtu, 26 Jan 2019 15:04 WIB

Duh, Otak Susah Berkembang Kalau Anak Cuma Diberi Makan Buah

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi anak belajar. Foto: thinkstock Ilustrasi anak belajar. Foto: thinkstock
Topik Hangat Overdosis Buah-Buahan
Jakarta - Salah satu efek yang terjadi ketika tubuh kelebihan asupan buah atau 'overdosis' buah, tubuh akan kekurangan sumber protein. Sebab, rata-rata buah hanya mengandung karbohohidrat dan serat.

Ahli gizi, dr Tan Shot Yen, menjelaskan bahwa ketika bayi hanya diberi pisang saat memasuki tahap MPASI maka ia berpotensi stunting akibat kekurangan gizi.

"Dia akan punya masalah dengan protein, karena buah nggak punya protein. Kalau anak kecil, dia tidak akan tumbuh optimal makanya anak stunting. Tuh anak 6 bulan cuman dikasih bubur saring sama korekan pisang, nggak dikasih telur, ikan, ya stunting lah dia," katanya, saat dijumpai di Gedung Kementerian Kesehatan, Jl Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (25/1/2019).


Seperti yang diketahui, salah satu efek dari stunting adalah terlambatnya pertumbuhan otak. Ketika mengalami kekurangan gizi saat bayi yang disebabkan karena terlalu sering diberi buah dibandingkan makanan lain, otaknya tidak mampu bekerja dengan optimal.

"Untuk orang dewasa, otaknya nggak jalan. Mikirnya bolot, nggak punya otot, malah jadi lemak," tambahnya.

Overdosis buah juga bisa saja menyebabkan tubuh menjadi lemah karena kandungan karbohidrat yang terdapat dalam buah juga bisa menumpukkan lemak.

"Buah kan itu karbo, kalau disimpan lama akan jadi lemak. Nggak bisa jadi otot," pungkasnya.



Simak Juga 'Ayo Jangan Malas Minum Susu dan Makan Buah!':

[Gambas:Video 20detik]


Duh, Otak Susah Berkembang Kalau Anak Cuma Diberi Makan Buah
(kna/up)
Topik Hangat Overdosis Buah-Buahan
News Feed