Jumat, 25 Jan 2019 18:48 WIB

Makan Buah Saja Bisa Bikin Sehat? Eits Belum Tentu

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Seorang wanita tampak makan buah dan sayur. Foto: Thinkstock Seorang wanita tampak makan buah dan sayur. Foto: Thinkstock
Topik Hangat Overdosis Buah-Buahan
Jakarta - Buah, sama seperti makanan lainnya yang ketika dikonsumsi secara berlebihan juga mengakibatkan efek berkepanjangan dan tidak sehat bagi tubuh. Sebab kebutuhan nutrisi harian tidak bisa dipenuhi hanya dengan konsumsi buah saja.

"Kelihatannya sehat, seimbang tidak? Tidak. Itu sebabnya saya ingin propose nih, makanan tidak hanya sehat tapi harus seimbang," kata ahli gizi dr Tan Shot Yen, saat dijumpai di Gedung Kementerian Kesehatan, Jl Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (25/1/2019).


Asupan makanan harian yang dianjurkan ketika memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, vitamin dan nutrisi lainnya. Pun dengan seimbang pun tak cukup jika makananya tidak sehat seperti makanan olahan yang diproduksi oleh industri.

"Sebaliknya bukan cuma seimbang doang, harus sehat. Sebab seimbang itu bisa diplesetkan sama industri lho. Kan mereka pintar hitung berapa karbo, kalori, tapi makanan industri," tambahnya.

dr Tan berkelakar bahwa manusia tidak sama seperti hewan yang bisa 'sehat' hanya dengan mengonsumsi buah-buahan setiap harinya. Sebab, banyak orang, terutama wanita yang gemar makan pisang sebagai pengganti makan malam dan tentu saja tak cukup bernutrisi.

"Kita bukan monyet lho, nggak mungkin sehat cuman makan buah doang. Kita (manusia) kebutuhan gizinya paling kompleks apalagi kalau bilang makan malam cuman pisang doang buat diet," tutupnya.

"Kita bukan monyet lho, nggak mungkin sehat cuman makan buah doang."dr Tan Shot Yen - Pakar Nutrisi










(kna/up)
Topik Hangat Overdosis Buah-Buahan