Jumat, 25 Jan 2019 13:17 WIB

Video Penyuluhan KB Jadi Viral, BKKBN: Penyebarluasan Bisa Langgar Etika

Rosmha Widiyani - detikHealth
Video tutorial pemakaian kondom oleh ibu-ibu tengah viral di media sosial (Foto: istock) Video tutorial pemakaian kondom oleh ibu-ibu tengah viral di media sosial (Foto: istock)
Topik Hangat Heboh Peragaan Alat KB
Jakarta - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyesalkan beredarnya video penyuluhan reproduksi. Video tersebut tidak seharusnya beredar bebas karena bisa melanggar etika, salah satunya pembatasan audien.

"Penyuluhan tentang kesehatan reproduksi ada etikanya, tidak boleh sembarangan. Alat peraga penyuluhan juga tidak boleh disalahgunakan," kata Deputi Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBKR) BKKBN Dwi Lisyawardani pada detikHealth, Jumat (25/01/2019).


Tangkapan layar video penyuluhan KB yang viral.Tangkapan layar video penyuluhan KB yang viral. Foto: Twitter



Menurut Dani, sapaan akrabnya, penyuluhan reproduksi disampaikan dalam forum terbatas dengan materi sesuai substansi. Penyuluhan juga harus dilakukan petugas yang terlatih. Dengan kemampuan yang dimiliki, petugas mengetahui tata cara yang baik dalam menyampaikan materi kesehatan reproduksi. Penyuluh juga bersikap sopan dan sangat menguasai inti sari seputar kesehatan reproduksi.

"Penyebarluasan melalui video secara tidak terkendali bisa melanggar etika tersebut, misal tentang pembatasan audien," katanya.

Dani mengatakan, saat ini pihaknya sedang mempertimbangkan langkah yang akan diambil dengan beredarnya video tersebut. Langkah ini diharapkan bisa mengantisipasi kejadian serupa di masa mendatang.

Sebulumnya, sebuah video yang memperlihatkan penyuluhan reproduksi sempat viral. Video tersebut menerangkan pemasangan kondom pada alat kelamin pria, dengan peserta yang terdiri atas para ibu. Peserta penyuluhan heboh sampai terbahak-bahak melihat alat peraga dan penggunaan kondom.



(up/up)
Topik Hangat Heboh Peragaan Alat KB
News Feed