Minggu, 27 Jan 2019 10:20 WIB

Produk Kecantikan Banyak Pakai Foto Editan, Apotek Pasang Label Peringatan

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi memakai produk kecantikan. Foto: iStock
Jakarta - Jaringan apotek raksasa Amerika Serikat (AS), CVS Pharmacy, mengumumkan akan mulai menerapkan aturan baru yaitu memasang label khusus pada foto-foto di produk kecantikan. Label tersebut nantinya akan memberi informasi apakah model yang ada di foto sudah diubah secara digital.

CVS bisa jadi perusahaan besar pertama di AS yang mengadopsi kebijakan untuk menghadapi kekhawatiran masalah citra kecantikan tidak realistis terutama bagi wanita. Dalam sebuah pernyataan CVS mengaku 70 persen toko telah menggunakan label 'cantik alami' atau 'editan' pada foto-fotonya.


CVS juga diketahui meminta para selebriti dan model-model yang mempromosikan produk hanya menggunakan foto atau gambar alami tidak diedit di media sosial.

"Kami percaya dengan tidak menampilkan foto yang sudah diedit signifikan, ini sesuai dengan kemauan dan harapan para konsumen," kata Presiden CVS Kevin Hourican seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (26/1/2019).

Artis Kerry Washington jadi salah satu orang yang mendukung penuh upaya perusahaan tersebut.

"Saya tahu betul rasanya bangun di pagi hari, melihat sampul majalah, lalu ingin berkata 'itu siapa? Kenapa wajah saya diubah dengan komputer cuma agar memenuhi keinginan orang lain padahal itu jadi bukan saya?'," ungkap Kerry.

(fds/up)