Selasa, 29 Jan 2019 11:01 WIB

Sudah Kurus Kok Diet? Kenali Arti Sebenarnya Biar Nggak Tanya Melulu

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Harus ingat! Diet nggak melulu soal jadi kurus. (Foto: shutterstock) Harus ingat! Diet nggak melulu soal jadi kurus. (Foto: shutterstock)
Jakarta - Ada lagi nih kesalahan persepsi mengenai istilah kedokteran. Selama ini, diet selalu diibaratkan sebagai kegiatan untuk menurunkan berat badan. Padahal, diet nggak melulu soal jadi kurus.

"Jadi sebenarnya ini adalah pengertian yang sudah keliru. Dalam dunia medis, yang namanya diet adalah pengaturan makan," tutur spesialis gizi klinik dari RS Siloam, dr Marya Haryono, SpGK, saat dijumpai di daerah Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (28/1/2019).



dr Marya mencontohkan seperti orang dengan gangguan fungsi liver maka akan diberikan diet khusus liver, mereka yang mengidap gangguan ginjal maka diberikan diet ginjal. Jadi, diet secara harfiah berarti pengaturan makan khusus dengan kondisinya.

"Pengertian ini memang harus dibenarkan. Kadang ada yang kaget nih pas dokter bilang 'yaudah bu dietnya saya atur ya' pasiennya bingung karena kondisi badannya yang kurus padahal bukan itu maksudnya," ujarnya.

Bahkan, untuk orang yang terlihat kurus pun diberi resep diet agar badannya lebih bernutrisi dan berisi. Soalnya, banyak yang kurus tapi ternyata lemak menumpuk di beberapa bagian tubuhnya.





Simak juga video 'Anak Doyan Minum Manis? Ini Solusinya!':

[Gambas:Video 20detik]

(kna/kna)